Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Puan Sebut Jokowi tak Terbelenggu Koalisi

Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengakui jika postur kabinet yang dirilis oleh Jokowi-JK tidak sesuai dengan janji mereka, namun membantah pemerintahan tersebut tersandera oleh parpol koalisi.
Ketua DPP PDIP Puan Maharani/Bisnis
Ketua DPP PDIP Puan Maharani/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA--Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengakui jika postur kabinet yang dirilis oleh Jokowi-JK tidak sesuai dengan janji mereka, namun membantah pemerintahan tersebut tersandera oleh parpol koalisi.

Menurutnya, penunjukkan menteri dari partai politik bukan karena Jokowi tersandera dengan mahar politik kepada mitra koalisi.

"Tidak ada sama sekali. Kan dari awal kita sudah mengatakan, kita ini pemerintahan tanpa syarat. Itu artinya, apapun nanti yang dibentuk merupakan hasil dari musyawarah mufakat," ujarnya pada wartawan di Gedung DPR, Selasa (16/9/2014).

Menurutnya, perekrutan menteri dari partai politik itu membuktikan tidak adanya perbedaan antara profesional dan orang partai.

Sebelumnya, presiden terpilih Joko Widodo dan Wapres terpilih Jusuf Kalla telah mengumumkan postur kabinetnya sebanyak 34 pos kementerian. Kabinet tersebut akan diisi 18  kementerian dari kalangan profesional dan 16 profesional partai politik.

Puan juga membantah kalu sikap yang diambil Jokowi itu menunjukkan inkonsistensi, namun lebih mengutamakan untuk membangun bangsa ini tanpa dikotomi.

“Kan bisa juga orang-orang dari parpol ini adalah orang-orang yang profesional yang sekarang berkiprah di parpol,“ tuturnya.

Menurut Puan, kemampuan orang parpol sama baiknya dengan orang-orang yang ada di profesional. Dia pun mengharapkan para menteri yang akan ditunjuk oleh Jokowi bisa membantu kinerja presiden dan wakil presiden sesuai dengan visi misinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper