Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Akhirnya, Luar Negeri Selamatkan Harga Tandan Buah Segar

Harga tandan buah segar kelapa sawit usia 10 tahun berhasil naik tipis 0,47% menjadi Rp1.493,30 per kilogram, setelah terus anjlok hingga menyentuh level terendah sepanjang tahun ini.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, PEKANBARU - Harga tandan buah segar kelapa sawit usia 10 tahun berhasil naik tipis 0,47% menjadi Rp1.493,30 per kilogram, setelah terus anjlok hingga menyentuh level terendah sepanjang tahun ini.

Zulher, Kepala Dinas Perkebunan Riau, mengatakan meningkatnya permintaan minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) di luar negeri berhasil menyelamatkan harga tandan buah segar atau TBS kelapa sawit Riau periode 10-16 September 2014.

“Kami berharap permintaan CPO terus terdongkrak agar harga TBS di Riau dapat membaik,” katanya di Pekanbaru, Rabu (10/9/2014).

Zulher menuturkan peningkatan harga TBS kelapa sawit usia 10 tahun juga diikuti oleh kelapa sawit usia tiga tahun yang menjadi Rp1.068,25 per kilogram, dari yang sebelumnya Rp1.063,19 per kilogram. Kemudian kelapa sawit usia lima tahun menjadi Rp1.278,12 per kilogram, dari yang sebelumnya Rp1.272,08 per kilogram.

Peningkatan harga juga dialami oleh TBS kelapa sawit dengan usia di atas 10 tahun. Harga kelapa sawit dengan usia 23 tahun menjadi Rp1.378,53 per kilogram, dan usia 25 tahun Rp1.301,81 per kilogram.

Melorotnya harga CPO di pasar internasional hingga level terendah dalam lima tahun terakhir membuat harga TBS kelapa sawit Riau terus anjlok. Puncaknya, harga kelapa sawit dengan usia 10 tahun mencapai Rp1.486,23 per kilogram sebagai level terendah sepanjang tahun ini.

Melimpahnya stok kedelai dari beberapa negara juga ikut menghantam harga CPO dan TBS di Riau. Alasannya, konsumen lebih memilih komoditas tersebut sebagai pengganti minyak sawit, karena harganya yang lebih murah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi
Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper