Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KABINET JOKOWI-JK: Abdul Munir Mulkhan Dijagokan Jadi Menteri

IndoStrategi menilai posisi tertinggi dalam gabungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga cocok dipegang Abdul Munir Mulkhan.
Jokowi/Reuters
Jokowi/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -- Bursa menteri pada kabinet Jokowi-JK mulai memunculkan nama kandidat.

Lembaga riset dan konsultasi IndoStrategi menilai posisi tertinggi dalam gabungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemendikbudpora) cocok dipegang oleh Abdul Munir Mulkhan.

Direktur Eksekutif IndoStrategi Andar Nubowo mengatakan posisi Mendikbudpora mesti diisi oleh intelektual profesional yang punya kekuatan manajerial, dukungan politik ormas, pengalaman mengurusi bidang pendidikan dan memiliki komunikasi dengan jaringan internasional.

"Yang lebih penting, sosok yang berhak menempati pos ini haruslah orang yang belum pernah terlibat atau bersentuhan dengan persoalan korupsi," ujarnya dalam diskusi di FX Senayan, Jakarta, Selasa (9/9/2014).

Menurut Andar, Abdul Munir pantas menduduki jabatan Mendikbudpora karena memiliki kapasitas di bidang tersebut. Abdul Munir, lanjutnya, adalah intelektual muslim yang telah melahirkan puluhan karya yang konsisten di bidang pendidikan.

"Abdul Munir juga memiliki dukungan dari Muhammadiyah yang punya ribuan lembaga pendidikan dari tingkat TK hingga perguruan tinggi," ungkap Andar.

Secara pragmatis, lanjut Andar, Abdul Munir juga punya kedekatan emosional dengan Jokowi-Jusuf Kalla karena pada musim kampanye lalu menjadi relawan yang terjun langsung ke lapangan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Giras Pasopati
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper