Tinjauan Proyek APBA 2014: Wagub Aceh Kecewa di Abdya

Wakil Gubernur Aceh Muzakir Manaf kecewa melihat perkembangan proyek pembangunan yang bersumber dari APBA 2014. Pasalnya, beberapa proyek belum mengalami perkembangan signifikan.
Febrany D. A. Putri | 02 September 2014 16:28 WIB
Perkebunan kopi di Aceh - Antara

Bisnis.com,  BANDA ACEH--Wakil Gubernur Aceh Muzakir Manaf kecewa melihat perkembangan proyek pembangunan yang bersumber dari APBA 2014. Pasalnya, beberapa proyek belum mengalami perkembangan signifikan.

Abdya, Aceh Barat menjadi tujuan selanjutnya dalam rangkaian peninjauan proyek pembangunan APBA 2014. Muzakir menerima pemaparan perkembangan pembangunan dari Tim Pengendali Percepatan Kegiatan (P2K) dan Sekda Abdya Ramli Bahar.

Muzakir kemudian mengambil simpulan bahwa perkembangan pembangunan proyek APBA 2014 di Abdya belum berubah. Dia menambahkan, selanjutnya tim BP2A akan menilai apakah stagnannya pembangunan terjadi akibat kesalahan Pemprov Aceh atau kontraktor.

"Evaluasi sangat penting dilakukan untuk mendorong kinerja SKPA terhadap pembangunan di masa yang akan datang," ucap Muzakir, Selasa (2/9/2014).

Muzakir menyebutkan Pemprov Aceh juga akan melakukan evaluasi terkait regulasi-regulasi yang dinilai menghambat pembangunan.

Salah satu obyek tinjauan Muzakir di Abdya adalah pembangunan ruang kegiatan belajar (RKB) bertingkat di SMA Kuta Jeumpa. Adapun, pembangunan yang telah dilakukan sejak 14 Juli 2014 baru menyelesaikan fondasi dan cor tiang.

"Pembangunan ini menelan anggaran Rp1,61 miliar. Ini sama seperti yang saya katakan tadi, belum ada perubahan," ucap Muzakir.

Selain itu, dia juga mengujungi pembangunan gedung uji di Terminal Abdya yang memakan anggaran Rp3,3 miliar. Proyek ini telah dimulai pada 30 Juni 2014, tapi baru memasuki tahap penyelesaian fondasi dan cor tiang juga.

Sebelumnya, Muzakir juga mengalami hal yang sama saat meninjai proyek APBA di Simeulue. Di sana, dia meninjau beberapa proyek seperti Jalan Serafon, pembangunan Puskesmas Teupah Tengah, Mesjid Agung Simeulue dan pembangunan tahap satu Meuligoe Bupati Simeulue.

Adapun, dalam kunjungan tersebut Muzakir menemukan realisasi Jalan Serafon masih 5,4% dengan total panjang jalan 41 km. Sementara itu, realisasi pembangunan Mesjid Agung Simeulue 6,24%, Puskesmas Teupah Tengah 60% dan Meuligoe Bupati Simeulue 2,94%.

Rangkaian kunjungan perkembangan proyek APBA 2014 dilakukan Muzakir sejak 31 Agustus 2014. Kunjungan kerja dimulai dari Sabang. Setelah Simeulue dan Abdya, Muzakir dijadwalkan mengunjungi Aceh Selatan, Singkil dan Sulussalam.

Tak hanya itu, dia juga akan memantau proyek di Gayo Lues, Aceh Timur, Langsa, dan Aceh Tamiang. Kunjungan akan berakhir pada 6 September 2014. Adapun, pagu APBA 2014 mencapai Rp13,37 triliun. Total proyek dari APBA 2014 yakni 1.973 paket.

Tag : aceh
Editor : Ismail Fahmi

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top