Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sel Kanker Ketum Gerindra Telah Menyebar ke Organ Vital Lain

Manajemen Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) menyatakan sel kanker yang diderita Ketua Umum Partai Gerindra Suhardi telah menyebar ke organ vital lain.
Profesor Suhardi /wikipedia
Profesor Suhardi /wikipedia

Bisnis.com, JAKARTA - Manajemen Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) menyatakan sel kanker yang diderita Ketua Umum Partai Gerindra Suhardi telah menyebar ke organ vital lain.

Direktur Utama PT Pertamina Bina Medika Mardjo Soebiandono mengatakan meski kondisi Suhardi mulai membaik, tetapi sel kanker dari paru-paru tersebut sudah menyebar.

"Sudah stadium 4B. Sel kankernya sudah terlanjur menyebar ke beberapa organ vital seperti hati dan ginjal," ujarnya di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), Rabu (27/8/2014).

Dia menambahkan, meski lebih baik dari sebelumnya, secara medis kondisinya masih sangat lemah. Berdasarkan tekanan darah dan detak jantung, Suhardi masih lemah.

"Tekanan darahnya masih sekitar 100/67. Masih rendah. Sementara pengobatan masih dilakukan sebisa mungkin," ungkapnya.

Dia membeberkan, pada kenyataannya kanker memang sulit diobati karena jenis obat yang terbatas. Apalagi dalam hal ini sel kanker telah menyebar ke organ vital lain.

"Saat ini kami beri semangat kepada pasien dan keluarga. Yang penting semangat untuk terus menjalani hidup," jelasnya.

Sekadar informasi, masa kritis yang sempat dilalui Suhardi sudah terlewati. Adapun beberapa alat bantu kesehatan yang digunakan pada masa kritis sudah mulai dicopot satu per satu dari tubuh Suhardi.

Kendati beberapa alat dicopot, tetapi alat bantu pernafasan tetap dipasang, karena sifatnya vital. Adapun Suhardi dirawat di ruangan ICU lantai lima RSPP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Writer
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Kabar24.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper