Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

JOKOWI PRESIDEN TERPILIH: Wah, Keputusan MK Bisa Mengubah Segalanya Lho!

Meski telah ditetapkan KPU, tim hukum Prabowo Subianto-Hatta Rajasa menilai keabsahan presiden dan wakil presiden terpilih menunggu putusan Mahkamah Konstitusi (MK).
Herdiyan
Herdiyan - Bisnis.com 24 Juli 2014  |  15:10 WIB
JOKOWI PRESIDEN TERPILIH: Wah, Keputusan MK Bisa Mengubah Segalanya Lho!
Presiden dan Cawapres terpilih Jokowi-JK - Bisnis
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden terpilih Joko Widodo dan Wakil Presiden terpilih Jusuf Kalla masih harus menunggu keputusan final dari Mahkamah Konstitusi untuk memastikan diri melangkah ke Istana Presiden dan Istana Wapres.

Meski pada 22 Juli lalu Komisi Pemilihan Umum  telah menetapkan pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) sebagai pemenang Pilpres, tim hukum Prabowo Subianto-Hatta Rajasa punya pandangan lain.

Menurut tim hukum Prabowo Subianto-Hatta Rajasa keabsahan presiden dan wakil presiden terpilih menunggu putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

Sementara itu, pakar hukum tata negara Margarito Kamis mengatakan jika keputusan MK lain, yakni memenangkan Prabowo-Hatta karena misalnya ditemukan bukti yang menguatkan, maka apa pun yang diputuskan MK menjadi sah.

“Jadi, apa yang ditetapkan KPU itu sah, tapi belum final. Sebab, pasangan Prabowo-Hatta mengajukan gugatan ke MK dengan membawa sejumlah bukti-bukti tentang kecurangan pelaksanaan Pilpres. Kita tunggu saja putusan akhir MK,” ujar Margarito dalam keterangan resmi, Kamis (24/7/2014).

Seperti dikemukakan anggota tim hukum Koalisi Merah Putih, Mahendradatta, pasangan Prabowo-Hatta akan mengajukan permohonan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) ke MK pada Jumat (25/7/2014) besok.

Menurutnya, langkah ini diambil karena adanya ketentuan bahwa setelah penetapan rekapitulasi, maka peserta pemilu diberi kesempatan selama 3 x 24 jam untuk mengajukan permohonan perselisihan hasil pemilu ke MK.

Kubu Prabowo-Hatta akan membawa bukti-bukti kecurangan pilpres.

Dengan pengajuan gugatan yang akan diajukan pasangan Prabowo-Hatta ke MK, komentar Margarito, bisa dikatakan bahwa pasangan Jokowi-JK adalah presiden dan capres terpilih sementara.

Dia menegaskan hal itu bisa saja berubah, jika bukti kecurangan yang diajukan pasangan Prabowo-Hatta sangat kuat dan MK dalam putusannnya memenangkan Prabowo-Hatta.

“Dalam situasi seperti ini, segalanya bisa mungkin,” kata Margarito.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pilpres 2014 Prabowo-Hatta
Editor : Saeno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top