Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KIRISI UKRAINA: 2 Pesawat Tempur Ditembak Jatuh, Pilot belum Ditemukan

Kelompok separatis pro Rusia menembak jatuh dua pesawat jet tempur Ukraina di lokasi yang sama dengan ditembak jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17, menurut laporan pemerintah setempat.
 Lokasi Jatuh MH17/
Lokasi Jatuh MH17/

Bisnis.com, JAKARTA— Kelompok separatis pro-Rusia menembak jatuh dua pesawat jet tempur Ukraina di lokasi yang sama dengan ditembak jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17, menurut laporan pemerintah setempat.

Pesawat tempur jenis Su-25 itu ditembak jatuh di desa Dmytrivka, kawasan Donetsk, ujar juru bicara Kementerian Pertahanan Ukraina, Oleksiy Dmytrashkovsky sebagaimana dikutip Bloomberg, Kamis (24/7/2014).

Juru bicara lainnya ,Andriy Lysenko mengatakan di Kiev bahwa pesawat itu berada di ketinggian 5.200 meter ketika ditembak dengan rudal anti pesawat udara. Pilot pesawat tempur itu melompat menggunakan kursi loncat pesawat dan hingga kini belum diketahui keberadaannya, menurut kementerian tersebut.

Insiden itu terjadi hampir sepekan setelah MH17 dihantam satu rudal yang dituding AS ditembakkan oleh peluncur yang disuplai Rusia. Jika tudingan itu benar maka hal itu akan  memunculkan pertanyaan apakah pihak militer Rusia masih memberi akses senjata yang punya kemampuan menembak jatuh pesawat kepada pemberontak Ukraina. Lysenko mengatakan kedua pesawat jet tersebut bisa saja ditembak dari wilayah Rusia.

“Ini menunjukkan bahwa pemberontak punya kemampuan senjata yang canggih,” ujar  Karl-Heinz Kamp, seorang direktur akademis  Federal Academy for Security Policy di Berlin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper