Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

PILPRES 2014: Kubu Prabowo-Hatta Klaim Temukan Pelanggaran Berat di Jatim

Kubu Prabowo Subianto-Hatta Rajasa mengklaim menemukan pelanggaran berat dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) di Jawa Timur.
Herdiyan
Herdiyan - Bisnis.com 16 Juli 2014  |  21:22 WIB
PILPRES 2014: Kubu Prabowo-Hatta Klaim Temukan Pelanggaran Berat di Jatim
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Kubu Prabowo Subianto-Hatta Rajasa mengklaim menemukan pelanggaran berat dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) di Jawa Timur.

Oleh karena itu, pasangan capres dan cawapres nomor urut 1 itu menuntut pencoblosan ulang, seperti di Surabaya, Kediri, Tulungagung, Blitar, Jember, dan sejumlah daerah lainnya di Jawa Timur.

Tokoh persatuan alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Nehemia Lawalata mengatakan berbagai kalangan alumni Kelompok Cipayung, seperti Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI), Perhimpunan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), dan GMNI sependapat bahwa pencoblosan di daerah tersebut sebaiknya diulang karena bermasalah berat.

“Masalahnya sangat keruh. Desakan bagi perlunya pencoblosan ulang itu amat rasional dan urgen,” kata Nehemia dalam keterangan pers, Rabu (16/7/2014).

Sementara itu, Ketua Tim Koalisi Merah Putih Jawa Timur Soepriyatno menambahkan dengan adanya temuan pelanggaran pemilu, pihaknya menuntut pencoblosan pemilu ulang di beberapa kabupaten, seperti Surabaya, Kediri, Tulungagung, Blitar, Jember, dan daerah lainnya.

Tim pemenangan Prabowo-Hatta Jatim yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih mengungkapkan banyak praktik kecurangan yang terjadi di Jawa Timur.

“Di sejumlah daerah itu, kecurangan sangat masif,” katanya.

Salah satu modusnya adalah menggunakan daftar pemilih khusus tambahan (DPKT). Dia mencontohkan di Surabaya, ada 55.285 suara pengguna DPKT di 1.000 TPS lebih.

“Kami duga mereka adalah pemilih siluman yang mencoblos tanpa pakai form A5,” kata Soepriyatno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pilpres 2014 Prabowo-Hatta Hasil PILPRES 2014
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top