SURAT PRIBADI PRABOWO: Beredar 27.000 Pucuk di Balikpapan

Calon Presiden Prabowo Subianto mengirimkan surat pribadi sekitar 27.000 pucuk kepada masyarakat di Balikpapan dan sekitarnya melalui layanan pos.
Rachmad Subiyanto | 02 Juli 2014 11:27 WIB
Capres Prabowo menyalami para pendukungnya - reuters

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Calon Presiden Prabowo Subianto mengirimkan surat pribadi sekitar 27.000 pucuk ‎kepada masyarakat di Balikpapan dan sekitarnya melalui layanan pos.

Ketua Panitia Pengawas Pemilu Kota Balikpapan Soekiranto mengatakan pihaknya mendapatkan laporan dari masyarakat mengenai surat pribadi yang dikirimkan oleh calon presiden nomor urut 1 tersebut. Setelah ditelusuri, terdapat 27 koli surat yang masing-masing koli berisi sekitar 1.000 pucuk surat.

"Kami temukan kemarin setelah ditelusuri dan mendapatkan informasi dari masyarakat. Sebagian surat sudah dikirimkan dan masih tersisa sekitar 20% ‎surat yang ada di kantor pos," ujarnya kepada wartawan, Rabu (2/7/2014).

Nantinya, imbuh Soekiranto, surat tersebut akan disampaikan kepada Bawaslu sebagai laporan.

Berdasarkan identifikasi awal, Soekiranto mengatakan belum ditemukan adanya unsur pelanggaran karena ‎isi surat tersebut hanya berupa permintaan dukungan. Selain itu, pemberian surat juga dilakukan ke pribadi masing-masing dan belum ada yang ditemukan di tempat yang dilarang seperti rumah ibadah, kantor pemerintahan, dan pendidikan.

Adapun kronologis temuan surat tersebut, lanjut Soekiranto, surat tersebut dikirim pada 23 Juni 2014. Kemudian, Panwaslu mendapatkan kiriman surat dari orang yang tidak dikenal yang diselipkan di bawah pintu masuk kantor pada 25 Juni 2014.

Selanjutnya, ‎Soekiranto mengaku mendapatkan kiriman pesan singkat dari masyarakat mengenai surat tersebut. Barulah kemudian ia menemukan tumpukan koli tersebut di kantor pos.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
prabowo subianto, surat terbuka

Editor : Nurbaiti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top