Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jabar Catat Laju Inflasi 0,38%

Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat mencatat laju inflasi pada Juni 2014 mencapai 0,38% dan laju inflasi tahun kalender sebesar 1,77%.

BANDUNG--Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat mencatat laju inflasi pada Juni 2014 mencapai 0,38% dan laju inflasi tahun kalender sebesar 1,77%.

Angka tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan inflasi Mei lalu sebesar 0,09%.

Dari tujuh kota pantauan indeks harga konsumen (IHK) di Jabar seluruhnya mengalami inflasi. Inflasi tertinggi terjadi di Kota Sukabumi sebesar 0,48%, diikuti Kota Bekasi 0,47%, Kota Depok dan Kota Tasikmalaya masing-masing 0,43%, Kota Cirebon 0,33%, serta Kota Bandung sebesar 0,20%.

Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Jabar Dody Gunawan Yusuf mengatakan kelompok bahan makanan menjadi penyumbang inflasi tertinggi.

Subkelompok yang mengalami inflasi tertinggi pada bumbu dan daging.

Sementara itu, komoditas yang menyumbang inflasi tertinggi dari kelompok ini antara lain daging ayam ras, bawang merah, dan telur ayam ras.

“Komoditi pengeluaran ini menjadi penyumbang inflasi tertinggi karena permintaan yang meningkat jelang Ramadan,” katanya, Selasa (1/7/2014).

Menurutnya, inflasi ini jauh lebih kecil yang telah diperkirakan sebelumnya sekitar 1%.

Sehingga, katanya, angka inflasi bulan depan diharapkan tidak terlalu tinggi saat momen Ramadan dan Idulfitri.

Adapun sepanjang Juni 2014 komponen kelompok bahan makanan inflasi 1,39%, makanan jadi 0,32%, perumahan 0,13%, sandang 0,03%, kesehatan 0,13%, pendidikan 0,09%, serta kelompok transportasi tercatat mencapai 0,09%.(K29)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper