Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PILPRES 2014: Serikat Guru Laporkan Prabowo-Hatta ke Bawaslu. Ini Penyebabnya

Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) akhirnya melaporkan pihak capres-cawapres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).
Irene Agustine
Irene Agustine - Bisnis.com 26 Juni 2014  |  16:35 WIB
Prabowo-Hatta  - Antara
Prabowo-Hatta - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) akhirnya melaporkan pihak capres-cawapres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Laporan FSGI menyangkut dugaan pelanggaran yang dilakukan pasangan capres-cawapres nomor urut satu itu, terkait surat yang dialamatkan kepada guru untuk mendukung kemenangan pasangan ini.

Sekretaris Jenderal FSGI Retno Listyarti mengatakan guru di Jakarta yang melapor mendapatkan surat berisi visi, misi dan permohonan untuk mendukung Prabowo-Hatta adalah mereka yang mengajar di SMA 76, SMA 100, SMA 75, SMK 56 dan beberapa dari SMA Swasta.

“Semuanya anggota kami (FSGI), mereka mengaku mendapatkan ini sejak satu minggu lalu,”katanya di Gedung Bawaslu, Jakarta, (26/6/2014).

Ratna mengatakan dalam surat tersebut hanya berisi permohonan dukungan dan paparan visi misi, tanpa ada uang didalamnya.

“Tidak ada uang, hanya paparan dukungan dan visi misi. Tapi kami tidak mau dipolitisasi,” jelasnya

Dia mengatakan hal ini akan diteruskan kepada Bawaslu untuk melihat adakah pelanggaran kampanye atau tidak dalam kasus ini.

Pasalnya, surat tersebut dikirimkan langsung ke sekolah dan ditujukan ke guru dan karyawan, tidak dikirimkan secara pribadi.

“Ini ditujukan ke guru dan karyawan lain. Kami hanya tersinggung dari sisi lembaga pendidikan kok jadi tempat kampanye. Ini sama seperti ARB yang sebelumnya mengirim surat ke sekolah pada pemilu legislatif,” jelasnya.

Prabowo-Hatta dinilai melanggar Undang-Undang Nomor 42 Tahun 2008 tentang Pemilu Presiden, pasal 42 ayat 1 huruf h yang isinya melarang penggunaan fasilitas pemerintahan, tempat ibadah, dan tempat pendidikan untuk berkampanye.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pilpres 2014 Prabowo-Hatta Federasi Serikat Guru Indonesia
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top