Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Media Asing Sebut Jokowi Unggul dari Prabowo dalam Debat Capres

Calon Presiden Jokowi dan Prabowo melakukan debat capres pada Senin (9/6/2014) malam yang disiarkan langsung oleh televisi.
Sepudin Zuhri
Sepudin Zuhri - Bisnis.com 10 Juni 2014  |  11:33 WIB
Media Asing Sebut Jokowi Unggul dari Prabowo dalam Debat Capres
Pasangan Peserta Pemilu Presiden 2014 Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla menyampaikan visi dan misinya saat Debat Capres-Cawapres di Jakarta, Senin (9/6). Debat pertama tersebut mengambil tema Pembangunan Demokrasi, Pemerintahan Yang Bersih dan Kepastian Hukum. - ANTARA
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Calon Presiden Jokowi dan Prabowo melakukan debat capres pada Senin (9/6/2014) malam yang disiarkan langsung oleh televisi.

Kedua capres itu didampingi masing-masing cawapres yaitu Jusuf Kalla dan Hatta Rajasa.

Presiden terpilih akan memimpin negara dengan jumlah penduduk terbesar ke-4 di dunia yang mayoritas beragama Muslim selama 5 tahun ke depan.

Kedua capres itu berjanji untuk mendukung pasar guna menghidupkan kembali pertumbuhan ekonomi terbesar di Asia Tenggara, yang jatuh ke level terendah dalam empat tahun pada kuartal pertama.

Jokowi tampaknya telah mencetak lebih banyak poin dalam perdebatan, tapi tidak ada pukulan telak (konockout), analis mengatakan setelah diskusi selama dua jam tersebut digelar.

Prabowo tampak lebih defensif tentang catatan hak asasi manusianya, kata mereka.

"Saya tidak berpikir ada setiap pukulan knockout," kata Paul Rowland, seorang analis politik yang berbasis di Jakarta.

"Saya pikir Jokowi melakukan apa yang harus dia lakukan dan itu untuk tampil penuh percaya diri di tempat yang sangat terbuka [publik]."

"Kami ingin menjadi bangsa yang independen, yang bersifat produktif. Kami tidak ingin hanya menjadi pasar bagi orang lain. Kami ingin berdiri di atas kaki kita sendiri," kata Prabowo.

Meskipun relatif ramah, perdebatan berubah tegang saat Jusuf Kalla, wakil calon presiden Jokowi, meminta Prabowo untuk menangani hak asasi manusia di Indonesia.

"Kami harus melakukan apa yang diperlukan untuk menjamin keamanan masyarakat Indonesia yang lebih besar," kata Prabowo, meninggikan suaranya. "Pak Kalla, saya bertanggung jawab dan hati nurani saya jelas. Akulah pembela terkuat dari hak asasi manusia di republik ini. Saya tidak punya keraguan."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jokowi capres 2014

Sumber : Reuters

Editor : Sepudin Zuhri
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top