Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

DEBAT CAPRES:Komnas HAM Usul Ulas Tujuh Topik HAM

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengusulkan kepada Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) untuk memasukan tujuh topik masalah HAM pelik di Indonesia dalam debat capres-cawapres antara Prabowo-Hatta dengan Jokowi-JK.
Irene Agustine
Irene Agustine - Bisnis.com 05 Juni 2014  |  17:02 WIB
DEBAT CAPRES:Komnas HAM Usul Ulas Tujuh Topik HAM
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengusulkan kepada Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) untuk memasukan tujuh topik masalah HAM pelik di Indonesia dalam debat capres-cawapres antara Prabowo-Hatta dengan Jokowi-JK.

Anggota Komnas Ham Nurcholis Majid mengatakan hal tersebut penting untuk mengukur komitmen para calon kandidat dalam menyelesaikan permasalahan HAM di Indonesia yang dinilai masih mengambang.

"Agar publik tahu fokus para kandidat ini untuk menyelesaikan masalah HAM saat salah satu dari mereka nanti terpilih, masa selama ini tergantung-gantung gitu," kata Nurcholis kepada Bisnis, (5/6/2014).

Tujuh item yang diminta Komnas HAM untuk dimasukkan dalam topik debat antara lain pelanggaran ham berat, konflik agraria, hukuman mati, reformasi kepolisian dan pemerintahan daerah, kontrol negara terhadap korporasi, masalah pluralisme, dan pemenuhan sosial budaya untuk masyarakat.

"Untuk hukuman mati tentu ditekankan pada TKI Indonesia yang kerap bermasalah dalam hal ini. Bagaimana seharusnya penyelesaiannya," tuturnya.

"Juga solusi mengenai kontrol negara kita terhadap korporasi yang dianggap lemah. Masalah pluralisme termasuk didalamnya penyelesaian kekerasan dan konflik di Papua yang berujung,"jelasnya.

Laporan ini telah diterima oleh DKPP hari ini untuk diproses. Debat capres dan cawapres rencananya digelar lima kali selama masa kampanye, dan akan diawali pada 8 Juni mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemilu 2014
Editor : Martin Sihombing
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top