Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

LSI: Efek Kampanye Hitam, Prabowo-Hatta Kuasai Jakarta & Banten

Pengaruh kampanye hitam yang belakangan menimpa capres Joko Widodo, dinilai mampu membuat pemilih di daerah perkotaan menetapkan suaranya untuk Prabowo-Hatta.
Irene Agustine
Irene Agustine - Bisnis.com 04 Juni 2014  |  19:00 WIB
LSI: Efek Kampanye Hitam, Prabowo-Hatta Kuasai Jakarta & Banten
Pasangan Prabowo-Hatta. Hasil survei sementara unggul di DKI dan Banten - Bisnis
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Pengaruh kampanye hitam yang belakangan menimpa capres Joko Widodo, dinilai mampu membuat pemilih di daerah perkotaan menetapkan suaranya untuk Prabowo-Hatta. Hal tersebut dipaparkan tim Lingkaran Survei Indonesia (LSI)

Dari hasil survei terbaru, Prabowo-Hatta mengungguli Jokowi-JK dengan persentase 35% berbanding 30,66% di provinsi DKI Jakarta. Sementara untuk provinsi Banten, Prabowo-Hatta mendulang suara hingga 33,53% berbanding 26,25% untuk Jokowi-JK

"Pengaruh black campaign ini sepertinya memberi dampak di perkotaan, seperti daerah Jakarta dan Banten sehingga Prabowo-Hatta unggul didaerah ini," kata juru bicara LSI Rully Akbar di Jakarta, (4/6/2014).

Hal tersebut berbeda dengan wilayah strategis lainnya, yakni Sumatra Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sulawesi Selatan. Kelima daerah ini mampu dimenangi oleh Jokowi-JK.

Dalam kasus ini, Rully menganggap faktor demografis wilayah dan kepribadian figur mempengaruhi keinginan masyarakat untuk memilih salah satu dari kedua pasangan.

"Masyarakat indonesia selain di perkotaan cenderung masih melihat figur dari kedekatan dengan melihat darimana asalnya dan juga kepribadiannya, sehingga ini ranahnya Jokowi-JK" jelasnya.

Seperti yang diketahui, Jawa Tengah merupakan daerah markas mayoritas pendukung PDIP, Sulawesi Selatan merupakan asal daerah cawapres Jusuf Kalla, dan Jawa Timur merupakan basis terbesar NU yang diidentifikasikan dengan PKB, salah satu partai pendukung Jokowi-JK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemilu 2014
Editor : Ismail Fahmi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top