Jokowi-JK Akan Lakukan Ini Di Sektor Pertanian Jika Menangi Pemilu

Jika Jokowi-JK berhasil memenangkan Pemilu 2014, sektor pertanian, energy dan infrastruktur akan lebih dahulu diutamakan untuk dibenahi.
Irene Agustine | 02 Juni 2014 17:59 WIB

Bisnis.com,JAKARTA— Jika Jokowi-JK berhasil memenangkan Pemilu 2014, sektor pertanian, energy dan infrastruktur akan lebih dahulu diutamakan untuk dibenahi.

Menurut Anggota tim pemenangan Jokowi-JK Arif Budimanta tiga sektor tersebut merupakan faktor penyebab defisit neraca perdagangan pada pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono, sehingga Jokowi-JK akan memprioritaskan untuk memperbaiki sektor ini.

“Defisit fikal kita terburuk dalam 15 tahun terakhir. Neraca perdagangan defisit karena ekspor lebih rendah dari impor. Untuk padi saja kita masih impor 2 ton, begitu juga dengan energi.Ini yang membuat kemandirian kita semakin lama semakin tergerus. Ini bukanlah proses yang kita inginkan,” Kata Arif dalam diskusi di Seknas Tani Jokowi, Jakarta (2/6/2014).

Dalam sektor pertanian, dia memaparkan bahwa Jokowi-JK akan mengupayakan tercapainya tiga poin yakni swasembada, ketahanan pangan dan kedaulatan petani.

Permasalahan pupuk yang masih mahal untuk sebagian petani akan diperhatikan. Ditambah pembenahan irigasi dengan menggunakan teknologi yang tepat dan fasilitas transportasi untuk mendukung distribusi hasil panen para petani.

“Subsidi pupuk yang selama ini diberikan pada perusahaan pupuk akan diberikan langsung kepada petani,” katanya.

Maka menurutnya jika semua dapat dikoordinasikan dengan baik, tiga poin tersebut akan tercapai. Tiga sektor yang menyumbang defisit pun akan terkorek naik.

”Produktivitas bibit yang baik, air yang kualitasnya bagus, teknologi pasca pangan yang baik, pupuk yang bagus, maka produktivitas bisa mencapai 20-30% lebih baik,”

“Ditambah modal dan fasilitas yang baik, jika transportasinya cepat maka petani akan lebih cepat mendistribusikan barangnya, sehingga tidak usah ke tengkulak-tengkulak untuk menurunkan harga,”katanya.

Tag : pemilu 2014
Editor : Irene Agustine

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top