Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

LSI: NU, Buruh, Tani Dan Ibu Rumah Tangga Berpihak Ke Jokowi-JK

Lansiran terbaru Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menyebutkan dari lima 'kantong' suara besar di Indonesia, hanya Muhammadiyah yang menyukai bakal capres-cawapres Prabowo-Hatta.
Irene Agustine
Irene Agustine - Bisnis.com 30 Mei 2014  |  17:26 WIB
Pasangan Capres dan Cawapres Jokowi-JK - Antara
Pasangan Capres dan Cawapres Jokowi-JK - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Lansiran terbaru Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menyebutkan  dari lima 'kantong' suara besar di Indonesia, hanya Muhammadiyah yang menyukai bakal capres-cawapres Prabowo-Hatta.

Sisanya, yakni kantong suara Nadhlatul Ulama (NU), kalangan buruh, tani dan ibu rumah tangga berpihak pada pasangan Jokowi-JK.

"Tidak semua golongan NU yang didominasi PKB akan ke Jokowi-JK, karena mungkin peran Mahfud turut mendulang suara Prabowo-Hatta," kata peneliti LSI Ade Mulyana kepada Bisnis, di kantor LSI Jakarta, (30/5/2014).

"Begitu pula dengan sosok Hatta sebagai ikon muhammadiyah, meski menang perolehan suara hanya berkisar enam persen. Seperti yang kita tahu Din Syamsudin tidak bulat mendukung Prabowo-Hatta,"katanya.

Hasil pada segmen Muhammadiyah menyatakan lebih menyukai Prabowo-Hatta sebesar 35,2%, sementara yang menyukai Jokowi-JK sebesar 29,7%.

Di segmen lainnya, Jokowi-JK memimpin perolehan suara. Pada segmen NU sebesar 36,4% dibandingkan Prabowo-Hatta sebesar 24,5%, segmen buruh 39,4% untuk Jokowi-JK berbanding 24,5% untuk Prabowo-Hatta, segmen tani sebesar 32,2% berbanding 29,8% dan segmen ibu rumah tangga sebesar 30,1% berbanding 25,8%.

Meski demikian perolehan suara seluruh kantong suara ini belum signifikan, yang artinya perolehan suara calon antar kandidat tidak terpaut jauh. Ditambah perolehan swing voters yang perolehan suaranya masih lebih tinggi dibandingkan dua pilihan capres-cawapres ini.

Adapun angka swing voters  untuk kedua kandidat ini dalam masing masing segmen masyarakat berada di kisaran 35,1%- 44,1%.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lsi
Editor : Martin Sihombing
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top