Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Status Capres-Cawapres Belum Ditetapkan KPU, Kampanye Hitam Tak Bisa Diusut

Status Jokowi-JK dan Prabowo-Hatta yang masih bakal capres dan cawapres membuat kubu yang melakukan kampanye hitam (black campaign) tidak bisa dijatuhi hukuman.
Irene Agustine
Irene Agustine - Bisnis.com 26 Mei 2014  |  18:29 WIB
Status Capres-Cawapres Belum Ditetapkan KPU, Kampanye Hitam Tak Bisa Diusut
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA --  Status Jokowi-JK dan Prabowo-Hatta yang masih bakal capres dan cawapres membuat kubu yang melakukan kampanye hitam  (black campaign) tidak bisa dijatuhi hukuman.

Hal tersebut disampaikan anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Nasrullah. KPU belum menetapkan kedua pasangan secara sah menjadi capres dan cawapres, sehingga kampanye hitam yang beredar, terutama yang marak di media sosial belum bisa diusut.

“Keduanya masih berstatus calon, belum ditetapkan oleh KPU sebagai kandidat. Maka, sebelum berganti status, tidak ada yang bisa ditetapkan bersalah,” katanya saat ditemui Bisnis.com, di Jakarta, (26/5/2014).

Oleh karena itu, dia berharap kedua bakal calon memberikan pemahaman kepada tim sukses dan seluruh masyarakat untuk menghindari black campaign untuk menciptakan pemilu yang sportif dan bersih dari unsur-unsur pelanggaran. Sehingga, saat masa kampanye nanti, black campaign tidak ditemukan lagi.

“Lebih baik mencegah sebelum kejadian, seharusnya keduanya memberitahukan pendukungnya untuk menjalankan kampanye yang bersih, menjauhkan diri dariblack campaign dan menekankan pada masalah jangan golput. Kalau calon pemimpin kita bersih, siapa sih yang tak senang?” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Perludem Veri Junaidi mengatakan sebaiknya Bawaslu mulai bertindak dari sekarang untuk menegur tim sukses yang terbukti melakukan black campaign, untuk menertibkan pelaksanaan masa kampanye yang dimulai 4 Juni nanti.

"Seharusnya Bawaslu sudah aktif dari sekarang, karena belum kampanye saja black campaign sudah meresahkan masyarakat," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemilu 2014
Editor :
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top