Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

JOKOWI VS PRABOWO: Jokowi Kunjungi Sultan Kutai

Calon Presiden Republik Indonesia Joko Widodo disapa akrab Jokowi berkunjung ke Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara Kaltim, Sabtu (24/5/2014).
Muhamad Yamin
Muhamad Yamin - Bisnis.com 24 Mei 2014  |  17:10 WIB
JOKOWI VS PRABOWO: Jokowi Kunjungi Sultan Kutai
Calon Presiden RI Joko Widodo disapa akrab Jokowi saat bincang-bincang dengan Sultan Aji Muhammad Salehuddin II di Kedaton Ing Martadipura Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara, Sabtu (24/5). Jokowi menyempatkan sekar ke Makam keluarga Sultan Kutai - Bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, KUTAI - Calon Presiden Republik Indonesia Joko Widodo disapa akrab Jokowi berkunjung ke Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara Kaltim, Sabtu (24/5/2014).

Jokowi bertemu Sultan Aji Muhammad Salehuddin II di Kedaton dan ziarah makam keluarga Sultan Kutai.

"Saya sangat bahagia sekali bisa diterima Bapak Sultan dan memberikan waktu hadir di Tenggarong," ujar Jokowi ketika memberikan sambutan di Kedaton Tenggarong.

Dalam kesempatan ini, Jokowi menyinggung kekayaan budaya Indonesia yang memiliki 148 Keraton.

"Negara kita punya 148 keraton. Ini kekayaan warisan budaya yang harus kita pelihara. Kalau ada kondisi keraton yang ambruk segera diperbaiki, kalau rusak kita rekontruksi dan kita revitalisasi," jelas Jokowi.

Jokowi bercerita bahwa Ibukota Negara Republik Indonesia tidak memiliki keraton. Tetapi, DKI Jakarta telah menyelenggarakan Festival Keraton se-Dunia beberapa waktu lalu. Event ini mengundang keraton-keraton dari negara tetangga.

"Di Festival Keraton Se Dunia, kereta, pusaka dan kuliner keraton di Indonesia masih lebih baik dibanding keraton di Negara tetangga. Kewajiban kita memelihara dan merawat peninggalan pusaka Indonesia," ujar Jokowi.

Jokowi juga bercerita bahwa kota Solo memiliki 2 keraton untuk dilakukan restorasi dan pemugaran tidak sedikit menelan dana. Namun, di Tenggarong Kutai Kartanegara, semua hal berkaitan dengan Kesultanan Kutai masih terawat dan terpelihara dengan baik.

"Alhamdulillah, di Tenggarong segala hal berkaitan dengan keraton tetap terpelihara. Saya amat berbahagia bertemu Bapak Sultan," jelas Jokowi. Dalam pembicaran dengan Sultan Aji Muhammad Salehuddin II, Jokowi bercerita santai tentang DKI Jakarta dan menjawab pertanyaan tentang seputar keluarganya.

Selama di Tenggarong, Jokowi selalu mendapat sambutan yang hangat dari warga untuk meminta foto bersama. Dengan sabar dan senyuman, Jokowi melayaninya dan bersalaman.

Usai berziarah di makam keluarga Sultan Kutai, Jokowi membantah pertanyaan wartawan bahwa ia meminta dukungan atau restu menjadi calon Presiden RI ke Sultan Kutai. "Saya mendoakan Sultan dan ingin silaturahmi," ujar Jokowi. (K26).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jokowi capres 2014
Editor : Sepudin Zuhri
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top