Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Cara L'Oreal Inspirasi Siswa SMA Jadi Peneliti Masa Depan

Inilah cara perusahaan yang berakar pada sains, L'Oreal menginspirasi siswi SMA untuk menjadi peneliti masa depan dengan mengadakan kompetisi L'Oreal Girls Sience Camp (LGSC) 2014 di Taman Impian Jaya Ancol, 13-14 Mei.

Bisnis.com, JAKARTA-Inilah cara perusahaan yang berakar  pada sains, L'Oreal menginspirasi siswi SMA untuk menjadi peneliti masa depan  dengan mengadakan kompetisi L'Oreal Girls Sience Camp (LGSC)  2014 di Taman Impian Jaya Ancol, 13-14 Mei. 

Kegiatan diikuti oleh 15 tim SMA yang berasal dari berbagai kota di Tanah Air. Mereka merupakan hasil seleksi dari 50 proposal yang diterima panitia LGSC 2014. 

Kegiatan tersebut dilaksankan oleh L'Oreal bekerja sama dengan Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). 

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari itu diisi dengan berbagai program untuk meningkatkan wawasan mereka di bidang   kelautan  dan meningkatkan minat mereka di bidang sains.

Kegiatannya  dikemas dengan program yang menyenangkan antara lain berupa permaian, namun tetap  berbasis sains dan 
presentasi penelitian serta tempatnya di pusat rekreasi. 

Pertimbangan pemilihan tempat pelaksanaan yang berlangsung di kawasan wisata pantai itu juga berhubungan dengan tema yang diangkat pada tahun ini yaitu Oseanografi.

Dengan tema tersebut, ke-15 tim yang terpilih sebagai finalis itu membuat karya sains untuk mencari solusi bagi pelestarian kualitas 
perairan di Indonesia. Satu tim terdiri dari 3 siswi kelas 1 SMA. 

Siswi-siswi  SMA kelas 10 itu berasal dari SMA Unggul CT [Chairul Tanjung] Foundation Medan, SMAN 1 Palembang, SMAN 81 Jakarta, SMA Pembangunan Jaya, SMAN 7 Jakarta, SMA 3 Penabur Jakarta, SMAN 88 Jakarta, SMAN 1 Setu Bekasi, 
SMAN 1 Citerup, SMA Gunung Sindur Bogor, SMAN 3 Yogyakarta, SMAN 10 Malang. 
Lalu SMAN 5 Denpasar, SMAN 1 Singaraja, SMA Kalam Kudus Ambon. 

Hari pertama kegiatan, tim tersebut mengunjung LIPI Oseanografi di Ancol dan mendapatkan pengetahuan tentang kelautan dari pihak LIPI, lalu mini tur ke Lab Penyimpanan yang terdapat kurang lebih 9.000 spesimen hewan laut, Lab 
Genetik, Lab Basah, Lab Ekotoksilogi, Lab Destruksi, Lab Destilasi, dan Lab Mirobiologi. 

Setelah itu, rombongan menuju tempat penginapan  Putri Duyung, Taman Impian Jaya Ancol. Lalu tim finalis itu diberi tantangan berupa permainan Pirates Treasure Hunt untuk mencari harta karun yang setiap permainannya berhubungan 
dengan sains.   

Lalu pada malam hari, dilakukan dinner dengan  acara bertema Pirate Party. Ke-15 tim finalis itu harus memakai kostum Pirate (perompak) dengan kreatifitas masing-masing.

Dan mendapatkan penjelasan tentang keberagaman biota laut Indonesia, potensi dan manfaat dari Irma Shita Arliza, penemu 
ikan pari macan. 

Tim SMAN 81 Jakarta  meraih kostum Pirate terbaik. Sedangkan  SMAN 3 Yogyakarta meraih nilai tertinggi  pada tantangan mencari harta karun, Pirates Treasure Hunt.

Terdapat empat jenis permainan  dengan tantangan yang berbeda-beda. Lokasinya berbeda-beda. Petunjuknya dapt dibaca melalui peta. 

Permainan terakhir mencari harta karun di kolam renang. Satu wakil setiap dari tim mencebur ke kolam renang untuk mendapatkan koin sebanyak-sebanyaknya.  

"Kami  senang mengikutinya," kata Petra Elsa Muliawati yang didamping temannya Deanda Savirasari dan Patya Pindo.   
Pada hari kedua juga ada olahraga yang menyenangkan, olahraga Zumba. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Efita
Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper