Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PILEG 2014: KPU Akhirnya Sahkan Rekapitulasi Suara Jabar

Setelah kemarin sempat ditunda pengesahannya, akhirnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengesahkan rekapitulasi suara Provinsi Jawa Barat hari ini, Jumat (9/5/2014).
Irene Agustine
Irene Agustine - Bisnis.com 09 Mei 2014  |  16:54 WIB
PILEG 2014: KPU Akhirnya Sahkan Rekapitulasi Suara Jabar
/Antara

Bisnis.com,Jakarta -- Setelah kemarin sempat ditunda pengesahannya, akhirnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengesahkan rekapitulasi suara Provinsi Jawa Barat hari ini, Jumat (9/5/2014). 

"Dengan ini dinyatakan rekapitulasi Jawa Barat disahkan," kata Ketua KPU Pusat Husni Kamil Manik, dalam Rapat Pleno KPU, Jakarta Pusat. 

Jawa Barat merupakan provinsi dengan jumlah dapil terbanyak yakni, 11 Dapil. Sebelumnya, Jawa Barat sudah pernah dibahas pada awal perhitungan rekapitulasi.

Namun karena terjadi beberapa indikasi pelanggaran, KPU memutuskan untuk menunda pengesahannya. Meski demikian, koreksi Jawa Barat ternyata belum maksimal.

Terbukti dari masih ditemukan keberatan-keberatan saksi dalam pengesahannya, seperti keberatan yang dilayangkan Partai Nasional Demokrasi (Nasdem) di 10 TPS dapil Jabar 1V. Masalah tersebut akan diteruskan ke Mahkamah Konstitusi. 

"Dengan demikian untuk wilayah Jabar baik untuk DPR RI maupun DPD telah tuntas, kepada semua pihak kami ucapkan apresiasi dan terima kasih, tetapi jangan lupa catatan-catatan yang ada untuk ditindaklanjuti," ujar Husni. 

Hingga kini, masih ada 6 provinsi yang mengantre untuk disahkan. Enam provinsi yang belum diselesaikan antara lain Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Sumatra Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara dan Bengkulu.

Adapun keenam provinsi ini hanya menunda 1-2 dapil yang sebelumnya pernah dibahas. 

Rapat pleno kemudian membahas provinsi Sulawesi Barat. Saat rehat, Husni sempat mengumumkan rencana diumumkannya rekapitulasi nasional. 

"Penetapan kita jadwalnya sampai hari ini, nanti secara formalnya akan diumumkan pada 19.30 WIB dalam rapat pleno terbuka juga,"ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rekapitulasi suara
Editor :

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top