Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lapan Jalin Sinergi Dengan 7 Perguruan Tinggi

Lembaga Penerbangan dan Antaraiksa Nasional (Lapan) meningkatkan sinergi dan kolaborasi riset dengan tujuh perguruan tinggi di Indonesia.

Bisnis.com, JAKARTA- Lembaga Penerbangan dan Antaraiksa Nasional (Lapan) meningkatkan sinergi dan kolaborasi riset dengan tujuh perguruan tinggi di  Indonesia.

Ketujuh Perguruan tinggi tersebut yaitu Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, Telkom University Bandung, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), dan Surya University Tangerang.

 Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Lapan Jasyanto, mengatakan sinergi tersebut ditandai dengan penandatanganan naskah kerja sama yang akan berlangsung pada Kamis (8/5/2014) di Kantor Pusat Lapan, Rawamangun, Jakarta Timur. Naskah kerja sama tersebut yaitu enam naskah nota kesepahaman bersama antara Lapan dengan Unpad, UGM, Undana, Telkom University, Surya University dan PENS, serta tiga naskah Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Lapan dengan Unpad, Undip dan Undana. 

Dia melanjutkan, naskah tersebut akan ditandatangani oleh Kepala Lapan Thomas Djamaluddin, Rektor Universitas Padjadjaran Ganjar Kurnia, Rektor Universitas Gadjah Mada Pratikno, Rektor Universitas Nusa Cendana Fredrik L. Benu, Rektor Telkom University Mochamad Ashari, Rektor Surya University Yohanes Surya, dan Direktur PENS Zainal Arief.

Sementara itu, PKS akan ditandatangani Sekretaris Utama Lapan IL Arisdiyo, Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Kerja Sama Unpad Med. Setiawan. Kepala Biro Kerjasama dan Hubungan Masyarakat Lapan Agus Hidayat akan menandatangani naskah PKS dengan Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Undana M.L. Gaol dan Dekan Fakultas Sains dan Matematika Undip Muhammad Nur.

“Kerja sama ini bertujuan untuk membangun dan memperkuat jejaring kemitraan, meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kualitas riset guna menghasilkan inovasi teknologi yang dapat mengatasi permasalahan aktual dalam pembangunan,” ujarnya, Rabu (7/5/2014).

Lanjutnya, Undana bersinergi dengan Lapan dalam pemanfaatan sains antariksa di wilayah Nusa Tenggara Timur dan sekitarnya. Undip bersinergi dengan Lapan dalam pemanfaatan teknologi satelit. Sementara itu, Unpad bekerja sama dengan Lapan dalam penelitian, pendidikan dan pemanfaatan iptek kedirgantaraan. Kerja sama ini juga untuk meningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper