Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Balikpapan Ujicoba Angkutan Umum Massal

Pemerintah Kota Balikpapan akan menguji coba sarana angkutan umum massal (SAUM) sebagai salah satu moda transportasi yang diproyeksikan menggantikan angkutan umum yang ada saat ini.
Rachmad Subiyanto
Rachmad Subiyanto - Bisnis.com 29 April 2014  |  16:57 WIB
Angkutan umum di Jakarta. Balikpapan akan operasikan angkutan umum massal - JIBI
Angkutan umum di Jakarta. Balikpapan akan operasikan angkutan umum massal - JIBI

Bisnis.com, BALIKPAPAN--Pemerintah Kota Balikpapan akan menguji coba sarana angkutan umum massal (SAUM) sebagai salah satu moda transportasi yang diproyeksikan menggantikan angkutan umum yang ada saat ini.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Balikpapan Suseno mengatakan rencananya uji coba akan dilakukan pada Jumat (2/5/2014) mendatang. Uji coba akan dilakukan di Terminal Batu Ampar dengan koridor D yang menghubungkan terminal itu dengan Pelabuhan Penyeberangan Ferry Kariangau.

“Uji coba akan dilakukan selama dua bulan dengan dukungan empat unit armada bus,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (29/4/2014).

Selama masa uji coba tersebut, tidak ada tarif yang dipungut kepad apenumpang karena biaya operasional dibebankan kepada APBD Kota Balikpapan. Setelah masa uji coba berakhir, pelaksanaan SAUM akan dikelola oleh perusahaan yang memenangi tender pengelola.

Setelah beroperasi normal, nantinya penumpang akan dikenai tarif sebesar Rp5.000 sekali jalan. Uji coba ini akan menjadi bahan evaluasi dalam penyelenggaraan SAUM sebelum dioperasikan oleh perusahaan pengelola.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

angkutan umum
Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top