Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kecurangan Pileg: Surat Suara tak Dibagikan Petugas TPS di Madura

John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 29 April 2014  |  17:28 WIB
Penghitungan suara pemilu legislatif. Kecurangan suara terjadi di Marunda, Jakut - JIBI
Penghitungan suara pemilu legislatif. Kecurangan suara terjadi di Marunda, Jakut - JIBI

Bisnis.com, JAKARTA—Anggota DPR yang kembali mencalonkan diri dari Partai Demokrat, Achsanul Qosasi meminta Komisi Pemilihan Umum menggelar pemungutan suara ulang di Kabupaten Sampang, Madura karena pemilih tidak diberikan kertas suara untuk DPR RI.

Menurut Achsanul, formulir DB-1 atau surat suara untuk DPR RI dan DPRD Provinsi tidak dibagikan kepada pemilih oleh penyelenggara pemilu (KPPS) di TPS se kabupaten Sampang. Dengan tidak adanya kertas suara untuk DPR RI, maka dipastikan dirinya tidak mendapat suara di wilayah yang menjadi daerah pemilihannya di Jawa Timur

"Saya sebagai caleg dan wakil masyarakat Madura dirugikan secara partai dan secara pribadi," kata Achsanul. Menurutnya, sebagai wakil rakyat Madura yang ikut dalam pemilu, dirinya tidak peduli siapa yang menang, tapi mengkhawatirkan proses pemilu yang berkeadilan.

Achsanul juga menyebutkan ada sejumlah partai yang perolehan suaranya diluar kewajaran, termasuk caleg yang disinyalir melakukan transaksi suara pasca 9 April. Bahkan yang menjadi tanda tanya dalam kasus itu, lanjutnya,  adalah adanya suara caleg yang sangat besar jauh melebihi perolehan suara partai.

"Yang ada penzaliman suara rakyat dimana terjadi kecurangan secara masif terhadap suara parpol dan suara caleg. Ini membuktikan bahwa pemilu tidak berlangsung sebagaimana mestinya," kata politisi itu di Gedung DPR, Selasa (29/4/2014).


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pileg 2014
Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top