Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

CAPRES 2014: SBY Sebut Masa Pencitraan Telah Usai

Presiden mengingatkan dalam Pilpres mendatang Indonesia ingin memilih pemimpin bangsa. Jadi sudah saatnya para Capres meningkatkan komunikasinya dengan rakyat.
Ismail Fahmi
Ismail Fahmi - Bisnis.com 27 April 2014  |  13:51 WIB
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Masa pencitraan telah usai - Bisnis
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Masa pencitraan telah usai - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA--Presiden mengingatkan dalam Pilpres mendatang Indonesia ingin memilih pemimpin bangsa. Jadi sudah saatnya para Capres  meningkatkan komunikasinya dengan rakyat.  

Artinya, menurut Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, harus diketahui dalam 5 tahun mendatang negeri ini mau diapakan? Kemudian, pemerintahan mau dijalankan seperti apa, apa sasarannya, apa kebijakan yang akan dijalankan dan apa solusi yang akan ditempuh?

“Dengan demikian, pada saatnya nanti rakyat akan bisa memilih secara rasional, bukan hanya emosional,” kata Presiden SBY dalam program Isu Terkini .

Oleh karena itu, SBY mengimbau agar lembaga-lembaga non pemerintah ataupun organisasi-organisasi media massa untuk rajin mengundang para capres itu menyampaikan pikirannya, berdiskusi, berinteraksi dan bahkan berdebat.

Dengan demikian, lanjut Presiden, rakyat akan yakin bahwa pemimpin yang akan memimpin mereka semua nanti sungguh mengetahui keadaan negara kita, dan mereka juga yakin bahwa pemimpin itu memiliki konsep, memiliki resep, dan memiliki solusi untuk menyelesaikan masalah bangsa.

“Jangan menunggu hingga nanti jadwal kampanye Pilpres resmi dilaksanakan. Biasanya, kalau di panggung terbuka, rakyat tidak lagi mendengarkan apa visi dan misi, serta solusi yang ditawarkan, dan waktunya pun sempit. Sekarang inilah menurut saya mereka lebih sering berkomunikasi dengan rakyat,” tutur SBY.

Presiden menegaskan saat ini  masa pencitraan diri itu sudah usai. Ia menyebutkan rakyat sekarang ingin mendengar pikiran-pikiran para Capres, kebijakan-kebijakannya, dan upaya-upaya apa yang akan dilakukan untuk mengatasi maslah bangsa, serta upaya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

SBY menegaskan, ia bertanggung jawab sebagai presiden yang sedang mengemban amanah agar Pilpres berlangsung secara damai dan demokratis, berlangsung secara aman, tertib, dan lancar sebagaimana dapat kita laksanakan dalam Pemilu Legislatif (Pileg) kemarin.

Tetapi kalau mempersiapkan calon-calon presiden, menurut SBY, tentu bukan tanggung jawab dirinya selaku Presiden yang sedang menjabat.

“Saya kira putra-putri bangsa yang ingin memimpin negara ini, yang ingin menjadi presiden, tentu mempersiapkan diri masing-masing. Dan sesuai konstitusi dan Undang-Undang, partai-partai politik lah yang mempersiapkan calon-calonnya untuk diusung atau nanti dinominasi pada saat Pilpres,” jelasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

capres 2014
Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top