Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KONVENSI CAPRES DEMOKAT: Ini Visi Hayono, Ali Masykur, Irman, Dahlan, Dino

Sejumlah peserta konvensi calon presiden Partai Demokrat menyatakan visi dan misinya mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia dengan menggenjot sektor pertanian nasional
News Editor
News Editor - Bisnis.com 27 April 2014  |  13:33 WIB
 Partai Demokrat gelar konvensi capres
Partai Demokrat gelar konvensi capres

Bisnis.com, JAKARTA- Sejumlah peserta konvensi calon presiden Partai Demokrat menyatakan visi dan misinya mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia dengan menggenjot sektor pertanian nasional.

"Di masa mendatang kaum muda harus mau bekerja pada sektor pertanian. Sektor pertanian harus terus didorong untuk menciptakan lapangan kerja," kata peserta konvensi capres Partai Demokrat Hayono Isman dalam debat konvensi capres Partai Demokrat di Jakarta, Minggu (27/4/2014, seperti dikutip Antara.

Hayono mengatakan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi juga harus memperbanyak pelatihan, sehingga kaum muda memiliki skill dan kapasitas sesuai bidang pekerjaannya.

Peserta konvensi capres Partai Demokrat lainnya, Ali Masykur Musa juga sependapat atas peningkatan sektor pertanian.

Bagi Ali Masykur Musa, pemimpin ke depan harus mendorong meningkatnya kesejahteraan rakyat, melalui mekanisme pengelolaan sektor pertanian.

"Sebanyak 35 hingga 40 juta penduduk Indonesia hidup pada sektor pertanian, sehingga tidak cukup jika subsidi pertanian Rp16-17 triliun seperti sekarang ini. Subsidi itu harus dinaikkan secara signifikan," kata Ali Masykur Musa.

Dia mengatakan peningkatan subsidi pertanian dapat dilakukan dengan mengalihkan subsidi yang berasal dari bahan bakar minyak.

"Subsidi BBM itu diminum mobil-mobil mewah. Lebih baik dialihkan untuk sektor pertanian," kata dia.

Senada dengan dua rekannya, peserta bakal capres Demokrat Irman Gusman, serta Dahlan Iskan juga setuju sektor pertanian sebagai salah satu upaya menuntaskan masalah pengangguran.

Sementara itu peserta konvensi capres Demokrat Dino Patti Djalal berpendapat pengentasan kemiskinan dan pengangguran bisa dilakukan dengan mempermudah kegiatan bisnis yang berlangsung di Indonesia.

Dengan tumbuhnya kegiatan bisnis, maka pengangguran akan teratasi dan kemiskinan diyakininya akan dapat dientaskan.

Hingga saat ini debat konvensi capres Demokrat masih terus berlangsung di Hotel Sahid, Jakarta.

Ke-11 peserta antara lain Ali Masykur Musa, Anies Baswedan, Dahlan Iskan, Dino Patti Djalal, Endriartono Sutarto, Gita Wirjawan, Hayono Isman, Irman Gusman, Marzuki Alie, Pramono Edhie Wibowo, Sinyo Harry Sarundajang, diberikan pertanyaan perihal upaya meningkatkan perekonomian, menghilangkan pengangguran dan mewujudkan ketahanan pangan.

Salah satu panelis dalam debat ini adalah ekonom Purbaya Yudhi Sadewa.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pilpres pilpres 2014

Sumber : Antara

Editor : Linda Teti Silitonga

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top