Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Capres Jokowi Tak Kunjung Umumkan Cawapres, In Komentar Pengamat Politik

Hingga kini kejelasan siapa cawapres pendamping Joko Widodo atau Jokowi yang merupakan bakal capres dari PDIP untuk maju di Pilpres 2014, belum juga menemukan titik terang
Abdalah Gifar
Abdalah Gifar - Bisnis.com 27 April 2014  |  13:06 WIB
Jokowi/Mega
Jokowi/Mega

Bisnis.com, JAKARTA- Hingga kini kejelasan siapa cawapres pendamping Joko Widodo atau Jokowi yang merupakan bakal capres dari PDIP untuk maju di Pilpres 2014, belum juga menemukan titik terang.

Pengumuman siapa cawapres pendamping Jokowi yang diyakini akan dideklarasikan pada Jumat lalu, (25/4/2014), nyatanya "meleset" dan waktunya masih diulur-ulur tanpa kepastian yang jelas.

Dalam salah satu kesempatan, mantan Wali Kota Solo itu menegaskan telah mengantongi nama cawapres dan tinggal menunggu mandat dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Nanti kalau sudah ada telpon bisa diumumin," katanya kepada wartawan saat mendatangi Waduk Pluit, Jakarta, Jumat (25/4/2014) lalu.

Apakah pilihan sikap Jokowi tersebut menandakan Gubenur DKI Jakarta ini masih berada di bawah kendali Megawati?

Arbi Sanit, pengamat politik sekaligus dosen FISIP Universitas Indonesia, menilai dugaan itu benar adanya. "Iya, masih," sebutnya kepada Bisnis, Minggu (27/4/2014).

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dinilai masih menjadi sosok sentral dan memegang peran utama dalam menentukan segala kebijakan partai, termasuk menetapkan waktu pengumuman cawapres.

"Persoalan pokok ada di keluarga (Megawati). Secara keseluruhan di DPP partai. Dua institusi itu paling menentukan," tuturnya.

Sebelum penetapan dirinya sebagai capres pun, Jokowi dikenal sebagai kader partai yang sangat loyal.

Awalnya memimpin Surakarta, Jokowi lalu siap saat didorong PDIP untuk maju di Pilgub DKI Jakarta pada 2012, yang berujung kemenangan.

Kemudian dia menyatakan siap pula saat dimandatkan sebagai capres dari PDIP, padahal semula sering berkelit, "ndak mikir copras-capres."

Saat kini dalam penentuan waktu pengumuman cawapres pun, Jokowi benar-benar tunduk pada keputusan partai, menunggu ketuk palu dari Megawati.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

capres 2014 jokowi capres 2014
Editor : Linda Teti Silitonga

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top