Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PILPRES 2014: PDIP Bantah Kantongi Nama Cawapres

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Tjahjo Kumolo membantah pihaknya telah mengantongi nama cawapres dan akan mengumumkannya pada hari ini, Jumat (25/4/2014).
Fitri Sartina Dewi
Fitri Sartina Dewi - Bisnis.com 25 April 2014  |  13:35 WIB
PDIP masih melakukan pembicaraan intensif mengenai nama cawapres.  - bisnis.com
PDIP masih melakukan pembicaraan intensif mengenai nama cawapres. - bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Tjahjo Kumolo membantah pihaknya telah mengantongi nama cawapres dan akan mengumumkannya pada hari ini, Jumat (25/4/2014).

"Terkait dengan pemberitaan yang menyatakan bahwa cawapres Pak Jokowi sudah ditetapkan sama sekali tidak benar," kata Tjahjo dalam pernyataan tertulis yang diterima Bisnis.com di Jakarta.

Tjahjo menegaskan proses penetapan pasangan capres dan cawapres dilakukan berdasarkan ketentuan UU No.42/2008 tentang pilpres, yang menyebutkan bahwa parpol atau gabungan parpol dapat mengajukan capres atau cawapres apabila mendapat peroleh suara minimal 20% kursi atau 25% suara di DPR RI.

"Hingga saat ini proses rekapitulasi yang dilakukan KPU (Komisi Pemilihan Umum) masih berjalan, sehingga terlalu dini untuk mendaklarasikan pasangan capres dan cawapres," ujarnya.

Menurutnya, nama cawapres akan diumumkan pada momentum yang tepat dam diumumkan secara langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, didampingi oleh capres Jokowi dan ketua umum partai pengusung cawapres.

Selain itu, Tjahjo yang juga menjabat sebagai anggota DPR Komisi I ini mengungkapkan PDIP masih melakukan pembicaraan intensif mengenai nama cawapres untuk mendampingi capres yang diusung PDIP, yaitu Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) pada Pilpres 2014.

"Persoalan cawapres yang mendampingi Pak Jokowi merupakan persoalan yang penting dan strategis, karena itulah penetapan cawapres dilakukan dengan cara seksama melalui pertimbangan mendalam," jelasnya.

Sebelumnya, Wasekjen PDIP Ahmad Basarah mengungkapkan, Megawati selaku Ketua Umum PDIP akan mengumumkan nama cawapres pendampimg Jokowi pada hari Jumat. Namun, Basarah enggan memberikan kepastian mengenai waktu diumumkannya nama cawapres.

"Silakan setiap hari Jumat menunggu pengumuman cawapresnya, seperti kronologi proklamasi dan pencapresan, bisa jadi Jumat besok atau Jumat minggu depan," kata Basarah ketika dijumpai seusai menghadiri sebuah acara diskusi di Jakarta, Kamis kemarin (24/4).


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pdip pilpres 2014
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top