Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PILPRES 2014: Sebut Blusukan Saja Tidak Cukup, SBY Sindir Jokowi?

Presiden SBY mengatakan pemimpin yang baik tidak harus terus-terusan blusukan. Pemimpin harus mampu merencanakan dan mengambil kebijakan yang tepat bagi rakyat.
Demis Rizky Gosta
Demis Rizky Gosta - Bisnis.com 25 April 2014  |  12:54 WIB
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono

Bisnis.com, JAKARTA --Entah bermaksud menyindir Jokowi atau tidak, yang jelas Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat berbicara soal pemimpin yang baik menyoal kebiasaan blusukan yang identik dengan aktivitas Jokowi.

Presiden SBY mengatakan pemimpin yang baik tidak harus terus-terusan blusukan. Pemimpin harus mampu merencanakan dan mengambil kebijakan yang tepat bagi rakyat.

Hal tersebut disampaikan SBY kepada perwakilan-perwakilan pemerintah daerah yang menghadiri acara Peringatan Hari Otonomi Daerah XVIII di Istana Negara.

“Melayani tidak harus datang dari rumah ke rumah, meningkatkan kesejahteraan rakyat tidak harus jalan ke sana sini dan berikan uang langsung kepada RT, bukan seperti itu. Meski dekat dan menemui rakyat juga penting,” kata Presiden, Jumat (25/4/2014).

Presiden mengimbau kepada para pemimpin pemerintah daerah agar selalu memikirkan kepentingan rakyat melalui perencanaan kebijakan dan program yang prorakyat. Dia menyarankan para kepala daerah berdialog secara rutin dengan masyarakat untuk langsung mendengarkan aspirasi mereka.

Pemerintah, lanjut SBY, juga harus mampu menjalankan manajemen pemerintahan dengan baik dengan memastikan semua unsur pemerintahan menjalankan tugasnya.

Dalam acara tersebut Kepala Negara memberikan penghargaan kepada 10 pemerintah daerah yang berhasil 3 kali menjadi penyelenggara daerah terbaik.

Anugerah diberikan kepada pemerintah di tingkat provinsi, kotamadya, dan kabupaten dari seluruh Indonesia.

Pemerintah provinsi yang mendapatkan penghargaan adalah Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, dan Jawa Timur. Di tingkat kabupaten, penghargaan diberikan kepada pemerintah kabupaten Pacitan, Jombang, dan Sleman.

Adapun kota yang berhasil meraih prestasi penyelenggaraan pemerintahan terbaik 3 kali adalah Cimahi, Yogyakarta, Depok, dan Tangerang.

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pilpres 2014
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top