Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PILEG 2014: Jabatan dan Kapabilitas Tak Jaminan ke Senayan

Jabatan dan kapabilitas ternyata tidak menjamin seorang calon anggota legislatif terpilih dalam Pemilu Legislatif 2014. Buktinya, banyak mereka yang dikenal luas oleh masyarakat karena aktif dan mampu menjalankan fungsinya tidak bisa melenggang ke Senayan.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 25 April 2014  |  11:13 WIB
Caleg yang diprediksi gagal melaju ke Senayan.  - bisnis.com
Caleg yang diprediksi gagal melaju ke Senayan. - bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA—Jabatan dan kapabilitas ternyata tidak menjamin seorang calon anggota legislatif terpilih dalam Pemilu Legislatif 2014. Buktinya, cukup banyak mereka yang dikenal luas oleh masyarakat karena aktif dan mampu dalam menjalankan fungsinya tidak bisa melenggang ke Senayan.

Selain di jajaran pimpinan parlemen seperti Ketua DPR Marzuki Alie dan Ketua MPR Sidarto Danusubroto, yang hampir dipastikan tidak terpilih lagi, nama-nama beken lainnya juga tidak mampu mendulang suara.

Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) memprediksi Menteri Pertanian Suswono tidak lolos sebagai caleg dari Partai Keadilan Sejahtera dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Tengah X. Di dapil itu, PKS bersama Partai Nasdem, Partai Hanura, Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) diperkirakan tidak mendapatkan kursi.

Hal yang sama terjadi pada Wakil Ketua MPR Lukman Hakim Syaifuddin dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) untuk dapil Jawa Tengah VI. Begitu juga yang dialami Hajriyanto Thohari dari Partai Golkar yang selama ini aktif sebagai Wakil Ketua MPR.

Meski rekapitulasi suara dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum dimulai, namun beberapa petinggi lainnya harus merelakan kursinya diambil caleg lain. Petinggi partai yang diperkirakan tidak lolos adalah Ketua Umum PBB MS Kaban dari dapil Jawa Barat V seiring dengan prediksi PBB sendiri tidak akan lolos ke Senayan.

Sedangkan dari daerah pemilihan Jawa Tengah I, nama artis senior Jamal Mirdad dipastikan maju ke Senayan. Berdasarkan rekapitulasi suara di kantor Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Tengah , dia mendapat suara 39.760 dari total suara suara partai Gerindra berjumlah 206.577 suara. Jamal maju sebagai caleg Gerindra nomor urut 1 dari dapil Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kabupaten Kendal dan Kota Salatiga.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemilu 2014 daftar caleg
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top