Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Real Count Pileg 2014: Wah, Caleg Meninggal Raih Suara Terbanyak

Seorang caleg yang sudah meninggal dunia meraih suara terbanyak pada Pileg yang berlangsung di sebuah kecamatan di Sumatra Selatan.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 24 April 2014  |  10:59 WIB
Ilustrasi/Penghitungan suara.
Ilustrasi/Penghitungan suara.

Bisnis.com, BATURAJA – Seorang caleg yang sudah meninggal dunia meraih suara terbanyak pada Pileg yang berlangsung di sebuah kecamatan di Sumatra Selatan.

H Nuriswanto, calon anggota legislatif dari Partai Gerindra untuk DPR RI yang meninggal dunia sejak beberapa bulan lalu, meraih dukungan terbanyak dengan 403 suara di Kecamatan Lubukraja, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan.

Bahkan, untuk seluruh Kabupaten Ogan Komering Ulu, Nuriswanto yang bernomor urut satu itu mengumpulkan 2.700 suara atau di posisi kedua setelah caleg nomor urut sembilan Sri Meliyana yang meraih 5.571 suara.

"Hasil itu sungguh mengejutkan, karena yang bersangkutan sudah meninggal dunia," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Ogan Komering Ulu Naning Wijaya di Baturaja, Kamis (24/4/2014).

Lucunya, di antara warga yang memilih Nuriswanto mengaku tidak mengenal almarhum di masa hidupnya.

Ny. Yani, pedagang sayur di Pasar Atas Baturaja yang mengaku memilih Nuriswanto, menyatakan tidak kenal dengan caleg partai yang dipimpin Prabowo Subianto itu.

"Saya tidak kenal, hanya melihat posternya yang besar di pasar, jadi saya coblos saja," kata Yani.

Sementara itu, calon anggota DPD RI Hj Percha Leanpuri meraih suara tertinggi di Kabupaten OKU yakni 50.787 suara.

"Percha memang memperoleh suara tertinggi dibandingkan calon anggota DPD RI lainnya," kata Naning.

Sejumlah pemilih mengaku memilih putri sulung Bupati Ogan Komering Ulu Timur H Herman Deru itu karena namanya lebih populer dibandingkan calon lainnya.

Berdasarkan total suara sementara partai dan caleg di Ogan Komering Ulu, Partai Golkar meraih 33.040 suara dan diperkirakan akan mendapat enam kursi DPRD.

Partai Demokrat memperoleh 19.904 suara (empat kursi), PDIP 19.380 suara (empat kursi), PAN 17.089 suara (tiga kursi), PBB 16.197 suara (dua kursi), PKB 15.826 suara (tiga kursi), PPP 14.656 suara (dua kursi), Partai Nasdem 14.387 suara (tiga kursi) dan PKS 14.085 suara (empat kursi).

Selanjutnya Partai Hanura memperoleh 11.741 suara (dua kursi), Partai Gerindra 9.797 suara (satu kursi), dan PKPI 8.055 suara (satu kursi).


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pileg 2014 real count Real Count Pileg 2014

Sumber : Antara

Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top