Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ANAK KURANG GIZI: PKPU Gagas Program Kampung Nutrisi

Untuk menciptakan generasi yang unggul, kecukupan nutrisi menjadi salah satu syarat penting. Saat ini jumlah anak-anak kurang gizi di Tanah Air masih tinggi lantaran minimnya pengetahuan orang tua.
Ilustrasi/Spdi
Ilustrasi/Spdi

Bisnis.com, JAKARTA - Untuk menciptakan generasi yang unggul, kecukupan nutrisi menjadi salah satu syarat penting. Saat ini jumlah anak-anak kurang gizi di Tanah Air masih tinggi lantaran minimnya pengetahuan orang tua.

Akibat kurang gizi, anak-anak mengalami penurunan ketahanan tubuh, mudah sakit dan kesulitan dalam perkembangan intelektual.

Untuk menanggulangi hal tersebut, Lembaga Kemanusiaan Nasional Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) membangun program Kampung Nutrisi, yakni kegiatan kesehatan berbasis masyarakat yang fokus pada proses rehabilitasi malnutrisi, penjagaan status gizi balita binaan, dan pembentukan ketahanan pangan lokal.

“Program ini merupakan upaya penciptaan lingkungan yang kondusif bagi penyehatan balita melalui pelibatan masyarakat,” kata Ferry Suranto, Manajer Health Environment Network (HEN) PKPU, Rabu (23/4/14).

Keterlibatan  masyarakat, katanya, dimaksudkan agar mereka bisa berkontribusi aktif pada setiap program, dengan dilandasi kemauan untuk menerapkan perilaku sadar gizi dalam kehidupan sehari-hari.

Dia menuturkan program Kampung Nutrisi terdiri dari upaya revitalisasi posyandu, pemulihan status gizi balita, pengadaan sarana sanitasi yang berkualitas dan pembentukan ketahanan pangan wilayah.

“Gagasan mengenai nutrisi untuk Indonesia lahir atas keprihatinan masih banyak anak-anak tumbuh dan berkembang, tanpa didukung dengan nutrisi bagi perkembangan tubuh, akal, indera, dan jiwa mereka,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmayulis Saleh
Editor : Yusran Yunus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper