Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Konvensi Demokrat: Irman Gusman Minta Tak Selesai Begitu Saja

Irman Gusman yang juga peserta konvensi capres Partai Demokrat menilai konvensi Demokrat sudah berjalan dengan baik namun harus ada keputusan akhir yang diusung sehingga tidak selesai begitu saja.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 23 April 2014  |  18:49 WIB
Irman Gusman
Irman Gusman

Bisnis.com, JAKARTA --Konvensi Demokrat yang hingga kini belum jelas ujungnya disentil secara halus oleh Ketua DPD Irman Gusman.

Irman Gusman yang juga peserta konvensi capres Partai Demokrat menilai konvensi Demokrat sudah berjalan dengan baik namun harus ada keputusan akhir yang diusung sehingga tidak selesai begitu saja.

"Tentu ini sangat demokratis dan egaliter di tengah tumbuhnya oligarki dan dinasti politik akhir-akhir ini," kata Irman Gusman dalam dialog kenegaraan bertema "Posisi Konvensi Partai Demokrat di Tengah Dinamika Koalisi" di DPD RI Senayan, Jakarta, Rabu (23/4/2014).

Irman Gusman menjadi pembicara diskusi bersama Ketua DPP PD Andi Nurpati, pengamat politik UI Effendi Gazali, dan Direktur Eksekutif Indobarometer Muhammad Qodari.

Irman menyatakan dirinya sampai sekarang puas dengan konvensi yang dilakukan Demokrat. Namun, tambahnya, akan lebih puas lagi jika konvensi ada akhir atau ujungnya.

"Ada calon yang diusung. Jadi ada keputusan yang dikeluarkan tidak berakhir begitu saja," kata Irman.

Hanya saja, tambah Irman, konvensi tersebut harus berlangsung dengan transparan dan bisa dipertanggungjawabkan kepada masyarakat. Sehingga siapa pun nantinya yang menang dari konvensi merupakan pilihan rakyat.

Irman Gusman mengaku lebih percaya hasil konvensi daripada hasil survei, karena dalam konvensi itu terjadi pertarungan gagasan untuk membangun bangsa, dan negara, dan bukan hanya berdasarkan pendapat atau pilihan masyarakat yang berdasarkan citra, seperti dilakukan dalam survei selama ini.

"Jadi, saya lebih percaya hasil konvensi dari pada survei,"kata Irman yang terpilih kembali sebagai sebagai senator dari daerah pemilihan Sumatera Barat.

Irman juga menjelaskan adanya beberapa skenario pasangan capres-cawapres termasuk hasil konvensi Demokrat pasca pileg 9 April 2014.

Misalnya, Demokrat bisa koalisi dengan Gerindra, PAN dan PPP. Kedua, Demokrat dengan Gerindra dan ketiga, Demokrat dengan PAN dan PKS.

Di luar itu, koalisi antara PDIP dengan Nasdem, Golkar dengan Hanura, Gerindra dengan PKB dan PPP, PDIP, PKB dan Nasdem, Golkar, PKS dan Hanura, dan koalisi partai Islam; PKB, PPP, PKS, dan PAN.

"Jadi, segala kemungkinan sebelum didaftar ke KPU bisa terjadi," ujar Irman.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

irman gusman konvensi demokrat

Sumber : Antara

Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top