Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PILEG 2014: Partisipasi Pemilih di Australia Barat Minim, Ini Penyebabnya

Pemilih yang memberikan suaranya pada pemilu legislatif di Australia Barat kurang dari sepertiga daftar pemilih tetap (DPT). Dari 6.000 DPT, pemilih di Australia Barat yang memberikan suara hanya kurang dari 2.000.
Lukmanul Hakim Daulay
Lukmanul Hakim Daulay - Bisnis.com 21 April 2014  |  20:52 WIB
/Ilustrasi
/Ilustrasi

Bisnis.com, PERTH - Pemilih yang memberikan suaranya pada pemilu legislatif di Australia Barat kurang dari sepertiga daftar pemilih tetap (DPT). Dari 6.000 DPT, pemilih di Australia Barat yang memberikan suara hanya kurang dari 2.000.

"Pemilihan ini dilakukan di 4 TPS," ujar Syahri Sakidin, Ketua Pengawas Pemilu Luar Negeri Australia Barat melalui rilisnya, Senin (21/4/2014)

Menurut Syahri, kondisi sosiologis dan psikologis masyarakat Indonesia di Australia Barat memang khas dan setidaknya ada tiga faktor.

Pertama, banyak di antara masyarakat Indonesia di sana yang merupakan korban kerusuhan Mei 1998. Dengan situasi di Indonesia yang kacau-balau dan terus mengancam keselamatan mereka waktu itu, mereka mengungsi ke Australia.

Akibatnya, ada semacam trauma tentang Indonesia. “Tidak semestinya kita berpandangan negatif pada apatisme mereka. Mereka benar-benar korban yang dizalimi di Indonesia pada waktu itu, sehingga justru kita harus terus bersimpati dan melakukan pendekatan kepada kalangan ini,” kata Syahri Sakidin.     

Kondisi kedua adalah banyaknya WNI yang sudah berstatus permanent resident Australia. Dengan status ini, mereka masih memegang paspor Indonesia, tapi rata-rata sudah ingin menetap seterusnya di Australia.

Walhasil, ada kecenderungan mereka sudah tidak merasa berkepentingan dengan perubahan di Indonesia.

Kondisi ketiga adalah karena dari DPT di Australia Barat, banyak di antaranya yang berstatus mahasiswa. Kelompok ini sering datang dan pergi tanpa melapor, sehingga acapkali sulit terpantau.

Pada Pemilu Legislatif 9 April lalu, PDIP meraih 56% suara, disusul PKS dan Gerindra yang masing-masing meraup 16% dan 11%. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pileg 2014
Editor :

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top