Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

POROS PARTAI ISLAM: Ini 5 Rekomendasi dari MUI

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Din Syamsuddin mengaku optimistis partai berbasis Islam dapat bersatu dan membentuk koalisi dalam menghadapi Pilpres 2014.
Fitri Sartina Dewi
Fitri Sartina Dewi - Bisnis.com 21 April 2014  |  18:33 WIB
Ilustrasi - Bisnis.com
Ilustrasi - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Din Syamsuddin mengaku optimistis partai berbasis Islam dapat bersatu dan membentuk koalisi dalam menghadapi Pilpres 2014.

"Tidak ada yang tidak mungkin untuk menyatukan partai-partai Islam, hal ini pernah terjadi dalam pengusungan Abdurrahman Wahid (Gusdur) sebagai Presiden pada 2003 lalu," kata Din dalam jumpa pers di Kantor MUI Pusat, Jakarta, Senin (21/4/2014).

Din menjelaskan MUI telah menggelar Forum Ukhuwah Islamiyah sebagai tindaklanjut atas banyaknya aspirasi dan harapan dari masyarakat yang diterima MUI.

"Ada 67 ormas Islam di tingkat pusat yang menginginkan parpol Islam bersatu, MUI akan mengakomodasikan dan meneruskan harapan tersebut kepada parpol Islam," ujarnya.

Menurutnya, pembentukan koalisi dari seluruh parpol Islam dapat memunculkan kekuatan yang jumlahnya lebih besar dari parpol manapun.

"Kalau parpol-parpol Islam ini bersatu bisa menghasilkan perolehan suara hingga 32%," ucapnya.

Meskipun demikian, Din menegaskan MUI tidak akan memaksa Partai Islam untuk berkoalisi dengan sesama Partai Islam dan tidak akan melarang Parpol Islam untuk berkoalisi dengan Partai Nasionalis.

"Mereka memiliki hak untuk berkoalisi dengan siapa saja, kami di sini hanya untuk menyampaikan rekomendasi atas aspirasi-aspirasi masyarakat yang kami terima," jelasnya.

Dalam waktu dekat, Din mengaku pihaknya akan mengupayakan pertemuan dan silaturahmi antara MUI, ormas-ormas Islam dan sejumlah petinggi parpol Islam.

"Dalam waktu 1 atau 2 hari ini kami akan mengupayakan pertemuan antara ormas-ormas Islam dengan para petinggi parpol Islam untuk membicarakan masalah koalisi."

Adapun, mengenai kriteria pemimpin, MUI telah memiliki kriteria pemimpin yang ideal yaitu sesuai dengan Al-Quran yaitu seseorang yang memiliki integrtas moral, keimanan, dan memiliki kemampuan sehingga bisa menyelesaikan berbagai persoalan Bangsa.

"Kriteria pemimpin harapannya sesuai dengan Al-Quran, tetapi untuk figurnya siapa, kita belum tahu karena belum ada pembicaraan," ungkapnya.

MUI dan organisasi kemasyarakatan Islam  (Ormas-ormas Islam) menyampaikan sejumlah rekomendasi hasil Forum Ukhuwah Islamiyah MUI (FUI-MUI) dan ormas-ormas Islam.

Ketua MUI Pusat Bidang Hukum dan Perundang-undangan Basri Bermanda mengungkapkan Rekomendasi FUI-MUI ini bertujuan untuk mencermati hasil pemilihan umum calon anggota legislatif (Pileg) dan menghadapi Pemilihan Umum Presiden (Pilpres).

Pertama, bersyukur atas berlangsungnya pileg pada 9 April 2014 dengan relatif aman dan lancar, meskipun masih terjadi sejumlah persoalan seperti maraknya politik uang, jual beli suara, daftar pemilih tetap (DPT) dan distribusi logistik yang masih bermasalah.

Kedua, mendorong penyelenggara pemilu untuk melakukan langkah-langkah benar, jujur, bersih, adil, bertanggungjawab, dan transparan dalam mengawal dan  melakukan perthitungan suara dari tingkat tempat pemungutan suara (TPS) hingga tingkat pusat.

Ketiga, Secara khusus bersyukur atas perolehan suara partai-partai Islam dan berbasis massa Islam yang cukul signifikan.

"Hal ini menunjukkan bahwa sebagian umat Islam memberi kepercayaan dan menaruh harapan bagi terwujudnya nilai-nilai dalam perpolitikan nasional Indonesia," kata Basri ketika membacakan rekomendasi hasil FUI-MUI.

Keempat, mendorong partai-partai Islam dan berbasis massa Islam untuk mensyukuri pencapaian yang diperoleh partai-partai Islam, dengan tidak mengabaikan dukungan, kepercayaan dan harapan para pemilih Muslim yang mendambakan penjelmaan nilai-nilai Islam dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kelima, mendorong partai-partai Islam dan berbasis massa Islam untuk menunaikan amanah dan tanggungjawabnya untuk memenuhi harapan konstituen Muslim.

"MUI dan Ormas-ormas Islam mengharapkan terbentuknya koalisi strategis partai-partai Islam dan berbasis massa Islam yang menentukan dalam menghadapi Pilpres 2014," ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

koalisi partai
Editor : Sepudin Zuhri

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top