Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PILPRES 2014: Golkar Siapkan Cawapres dari PKB, Hanura dan PKS

Partai Golkar menyiapkan calon wakil presiden dari PKB, Hanura, dan PKS sekaligus memperkecil peluang Partai Gerindra yang masih berupaya keras menggaet sejumlah partai berbasis massa Islam dan kalangan nasionalis.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 21 April 2014  |  17:35 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA—Partai Golkar menyiapkan calon wakil presiden dari PKB, Hanura, dan PKS sekaligus memperkecil peluang Partai Gerindra yang masih berupaya keras menggaet sejumlah partai berbasis massa Islam dan kalangan nasionalis.

Ketua DPPP Partai Golkar Hajriyanto Tohari mengatakan penjajakan koalisi dengan ketiga partai itu, selain untuk memperkuat basis suara, juga untuk memastikan capres Aburizal Bakrie memiliki pendamping  dalam kompetisi pilpres pada Juli mendatang.

Hanya saja, politisi Partai Golkar yang juga Wakil Ketua MPR itu tidak menjelaskan sudah sejauh mana pembicaraan koalisi itu dilakukan.

“Kami sedang bicara dengan PKB, Hanura dan PKS untuk calon wakil presiden ARB. Golkar akan tetap mengajukan ARB sebagai capres,” ujar Hajriyanto seusai diskusi di Gedung DPD, Seanin (21/4/2014).

Dia menambahkan Partai Golkar tidak akan buru-buru melakukan koalisi dengan partai lain mengingat waktu masih panjang.

Selain itu, Hajriyanto membantah partainya hanya akan mengambil posisi cawapres jika berkoalisi dengan partai lain, termasuk PDIP dan Gerindra.

Menurutnya, hingga kini tidak ada celah untuk tidak mencapreskan Aburizal Bakrie sesuai dengan amanat Rapimnas Golkar.

Sebelumnya, Partai Hanura secara resmi menyatakan berkoalisi dengan Golkar. Koalisi itu praktis mengunci peluang bagi Golkar untuk berkoalisi dengan Partai Gerindra dan memperkecil peluang PDIP untuk berkoalisi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Sementara itu, Partai Persatuan Pembangunan (PPP)  yang sudah menyatakan berkoalisi dengan Gerindra saat ini menghadapi konflik internal yang berlaurut-larut.

Kondisi internal partai itu membuat koalisinya dengan Gerindra terancam bubar dan berpengaruh pada peluang partai itu untuk mengajukan Ketua Dewan Pembina Prabowo Subianto sebagai capres.

Hingga kini Partai Gerindra belum mengumumkan mitra koalisinya meski mengakui tengah berkomunikasi dengan sejumlah parpol.

Langkah PAN dan Partai Demokrat masih sulit untuk ditebak meski isu yang santer mengemuka adalah bahwa Ketua Umum PAN Hatta Rajasa tengah disiapkan untuk jadi wapres Prabowo. Prabowo diisukan akan menggandeng Hatta melalui koalisi Gerindra, PAN dan Partai Demokrat.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Munaslub Golkar
Editor :

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top