Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

NASIB PIMPINAN PARLEMEN: Marzuki dan Sidarto Kepental, Irman Melenggang ke Senayan

Meski rekapitulasi suara dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum keluar pasca pemilu 9 April lalu, namun dua pimpinan tertinggi parlemen di Senayan hampir dipastikan tidak akan kembali melenggang ke Gedung Rakyat mengingat raihan suara yang tidak mencapai target
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 21 April 2014  |  10:59 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, JAKARTA—Meski rekapitulasi suara dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum ke luar pasca pemilu 9 April lalu, namun dua pimpinan tertinggi parlemen di Senayan hampir dipastikan tidak akan kembali melenggang ke Gedung Rakyat mengingat raihan suara yang tidak mencapai target.

Anjloknya perkiraan suara Partai Demokrat pada Pemilu  2014, akan berdampak kuat terhadap partai pemenang Pemilu 2009 tersebut. Hasilnya tentu juga akan berpengaruh terhadap posisi pimpinan DPR mengingat selama ini jatah sang ketua biasanya berasal dari partai pemenang pemilu.

Hitung cepat yang dilakukan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) memperkirakan Partai Demokrat hanya akan mendapat 10% suara dan akan kehilangan 81 sampai 90 kursi dibandingkan hasil Pemilu 2009. Sedangkan pada pemilu terakhir, Partai Demokrat mendapatkan 148 kursi DPR.

Menurut perkiraan SMRC, tidak satu pun kursi diperkirakan didapat oleh Partai Demokrat dari daerah pemilihan Jakarta III. Akibatnya, Ketua DPR Marzuki Alie yang bersaing di daerah tersebut hampir dipastikan tidak bisa lagi berkantor di Senayan.

Sedangkan Ketua MPR Sidarto Danusubroto, yang dalam pemilihan anggota legislatif kali ini maju sebagai calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari daerah pemilihan Daerah Istimewa Yogyakarta, juga terancam gagal melenggang ke Senayan. Tokoh senior PDIP yang beberapa bulan lalu menggantikan Ketua MPT Taufiq Kiemas tersebut sulit untuk bersaing di wilayah pemilihannya.

Maklum, selain “pindah jalur,” persaingan merebut suara empat besar di wilayah tersebut tidak mudah dilakukan karena ketatnya persaingan, termasuk dengan senator Ratu Hemas yang saat ini masih menjadi Wakil Ketua DPD.  

Kabar menggembirakan datang dari Ketua DPD Irman Gusman yang telah memastikan diri terpilih kembali sebagai senator dari Sumatera Barat. Peluang Irman untuk jadi Ketua DPD pun kian terbuka kalau hasil perolehan suaranya pada penghitungan akhir nanti mampu mengungguli raihan suara para calon anggota DPD lainnya.

“Alhamdulillah, suara saya naik cukup signifikan dan masih ranking satu sebagaimana pada pemilu lalu,” ujar Irman dalam pesan singkatnya, Senin (21/4/2014).

Dengan demikian, Irman hampir dipastikan kembali ke Senayan bersama tiga senator lainnya mengingat hanya empat senator dengan raihan suara tertinggi di setiap provinsi yang berhak maju ke Senayan. Hanya saja Irman tidak menyebutkan berapa jumlah raihan suaranya pada pemilu kali ini.  

Hasil hitung cepat yang dilakukan SMRC menggunakan sampel 2.000 tempat pemungutan suara (TPS) dari total 545.647 TPS di seluruh Indonesia. Pengambilan sampel dilakukan memakai metode stratified random sampling yang terdistribusi secara proporsional di setiap daerah pemilihan. Rentang ambang kesalahan survei adalah plus minus 1 persen dengan tingkat keyakinan 95%.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dpr mpr dpd ri
Editor : Linda Teti Silitonga

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top