Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PILPRES 2014: Ketokohan ARB Belum Kuat, Golkar Sulit Bersaing?

Direktur Eksekutif PolcoMM Institute Heri Budianto berpendapat ketokohan Ketua Umum Aburizal Bakrie (ARB) masih belum kuat sehingga Golkar akan sulit untuk bersaing dalam Pilpres mendatang.
Ismail Fahmi
Ismail Fahmi - Bisnis.com 20 April 2014  |  19:36 WIB
Capres Partai dari Golkar Aburizal Bakrie - Antara
Capres Partai dari Golkar Aburizal Bakrie - Antara

Bisnis.com, JAKARTA-- Direktur Eksekutif PolcoMM Institute Heri Budianto berpendapat ketokohan Ketua Umum Aburizal Bakrie (ARB) masih belum kuat sehingga Golkar akan sulit untuk bersaing dalam Pilpres mendatang.

"Dari awal pengelolaan partai itu sangat penting. Ketokohan menjadi faktor penentu dan itu sangat penting. Hasil survei kami, parpol yang mengalami krisis adalah Golkar," ujar Heri Budianto usai diskusi Dinamika Internal Partai Jelang Pilpres 2014,  Jakarta, Minggu (20/4/2014)

Menurutnya, meskipun ketokohan ARB rendah Golkar masih dapat berada mengamankan posisinya di pemerintahan dengan tokoh-tokoh lainnya sendiri yang memiliki pengaruh kuat.

"Hanya kader Golkar yg bisa menjawab. Maka ada manuver-manuver JK, Akbar Tanjung, ada pula Priyo Budi Santoso, lalu Luhut Panjaitan. Dan mereka ini pintar, sasarannya mereka Cawapres. Terlihat Golkar ini sangat berpengalaman. Hanya saja mereka tidak begitu kuat,"  paparnya seperti dikutip Antara.

Heri menyebutkan  dinamika internal partai bisa diatasi oleh beberapa hal. Yang terutama yakni ketokohan, ini sangat terlihat di PDIP, tapi tidak di Parpol lain.

"Mungkin yang bisa menyaingi adalah ketokohan Prabowo di Gerindra, Wiranto di Hanura, maupun Surya Paloh. Makanya mereka relatif bisa mengatasi potensi konflik internal mereka. Kalau Golkar, ini karena berpengalaman, tokohnya banyak," ujarnya.

Menurut catatan Bisnis,  Partai Golongan Karya (Golkar) menyiapkan tiga kandidat calon wakil presiden (cawapres) yang berasal dari kadernya untuk diduetkan dengan calon presiden partai lain bertujuan mengamankan posisi di pemerintahan.

Ada tiga nama kandidat cawapres dari  kader Gollkar  untuk capres lain yaitu Jusuf Kalla, Luhut Panjaitan dan Akbar Tanjung.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pilpres 2014
Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top