Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PILEG 2014: Polisi Tangani 128 Pelanggaran

Kepolisian Republik Indonesia menangani 128 kasus pelanggaran tindak pemilu yang diteruskan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Dari penanganan ke-128 kasus itu, ditetapkan 200 orang sebagai tersangka.
Nadya Kurnia
Nadya Kurnia - Bisnis.com 17 April 2014  |  19:54 WIB

Bisnis.com, JAKARTA-Kepolisian Republik Indonesia menangani 128 kasus pelanggaran tindak pemilu yang diteruskan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Dari penanganan ke-128 kasus itu, ditetapkan 200 orang sebagai tersangka.

"Kasus ini dilaporkan mulai dari sebelum kampanye, kampanye berlangsung, masa tenang, pemungutan, dan perhitungan suara," jelas Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri Kombes Pol. Agus Rianto, Kamis (16/4/2014).

Dari 200 orang yang ditetapkan sebagai tersangka, sebanyak 42 diantaranya adalah calon legislatif dari partai politik, 61 orang simpatisan caleg, 26 orang tim KPPS, 13 orang pengurus partai, 10 orang kepala desa, 15 orang pegawai negeri sipil, dan 25 sisanya adalah masyarakat umum.

Pelanggaran yang dominan dilaporkan adalah pemalsuan dokumen ijazah, kampanye di luar jadwal, penggunaan fasilitas pemerintah dalam kampanye, money politic, dan pengrusakan alat peraga kampanye.

Lebih lanjut, Agus mengatakan, saat ini ada 92 kasus yang masuk dalam tahap penyidikan, 49 kasus dinyatakan lengkap berkasnya oleh jaksa penuntut umum, dan 19 lainnya diberhentikan proses hukumnya


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pileg 2014
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top