TSUNAMI CHILE: Diprediksi Sampai ke Indonesia Kamis Pkl.05.11-19.44 WIB

Indonesia Tsunami Early Warning Center (InaTEWS) mengeluarkan peringatan dini tsunami yang akan melanda sejumlah wilayah di Tanah Air akibat gempa bumi besar 8 Skala Richter di Chile.
Yusran Yunus | 02 April 2014 22:25 WIB
Gempa 8,0 SR Landa Chile, memicu gelombang tsunami/wncom - created YUS

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia Tsunami Early Warning Center (InaTEWS) mengeluarkan peringatan dini tsunami yang akan melanda sejumlah wilayah di Tanah Air akibat gempa bumi besar 8 Skala Richter di Chile.

Gempa di kedalaman 10 km di Pantai Utara Chile itu terjadi pada Rabu (2/4/2014) pukul 06.46 WIB, memicu tsunami setinggi 1,92 meter di wilayah pesisir Chile, Peru, Ekuador, Kolombia, Panama, Kosta Rika dan Nikaragua. (Saksikan video tsunami Chile)

Berdasarkan data yang dirilis InaTEWS di BMKG sebagaimana dikutip Antara, setidaknya ada 115 lokasi di kabupaten/kota dari 19 provinsi di Indonesia berpotensi terjadi tsunami dengan tinggi potensi 0-0,5 meter.

Adapun status peringatan dini yang dikeluarkan adalah waspada, yang berarti pemerintah daerah yang berada pada status waspada diminta mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan tepian sungai di sekitar pantai.

 

Waktu tiba gelombang dapat berbeda. Gelombang yang pertama bisa saja bukan yang terbesar.

Daerah di pesisir di Provinsi Papua seperti Kota Jayapura, Jayapura, Sarmi, Waropen, Biak Numfor, dan  Supiori diperkirakan akan berpotensi terjadi tsunami pada pukul 05.11 hingga 05.51 WIB.

Demikian pula daerah lain seperti di Malut, Maluku, Papua Barat, Banten, Jatim, DIY, Jateng,  Jabar, Lampung, NTB, NTT, Bali, Suawesi dan Kaltim juga berpotensi tsunami dengan tinggi 0 – 0,5 meter dengan waktu bervariasi.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
tsunami

Sumber : Newswire
Editor : Yusran Yunus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top