KEBAKARAN LAHAN: Perusahaan Perkebunan di Siak Minim Alat Pemadam Kebakaran

Bupati Siak Syamsuar mengungkapkan banyak perusahaan pemilik lahan yang tidak memiliki alat pemadam kebakaran sesuai dengan luas lahan
Rio Sandy Pradana | 02 April 2014 23:13 WIB
Kebakaran hutan, kabut asap, kebakaran hutan riau

Bisnis.com, PEKANBARU - Pemerintah Kabupaten Siak mencatat banyak perusahaan pemilik lahan perkebunan yang tidak memiliki alat pemadam kebakaran memadai, sementara risiko kebakaran lahan yang dikuasai sangat besar.

Bupati Siak Syamsuar mengatakan pihaknya menemukan ada perusahaan yang memiliki luas lahan 7.000 hektare, tetapi hanya memiliki dua alat pompa air sebanyak dua unit.

"Ini membuktikan masih banyak perusahaan yang tidak menyadari bahkan tidak peduli dengan penanganan kebakaran lahan," katanya.

Dia menambahkan minimnya peralatan membuat perusahaan pemilik lahan tidak bisa melakukan tindakan pencegahan kebakaran lahan. Pemerintah setempat juga tidak mungkin memberikan bantuan setiap tahun.

Penekanan tersebut, juga harus diiringi dengan personil terlatih yang memadai. “Karena jika peralatan lengkap, tetapi personilnya tidak mencukupi, tidak akan berarti,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
riau, kebakaran hutan

Editor : Yusran Yunus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top