Beasiswa Presiden Diluncurkan Jelang Pemilu. Ini Kata M.Nuh

Meski sudah digagas sejak 2013, beasiswa presiden baru diluncurkan saat kampanye dan mendekati Pemilu 2014.
Rustam Agus | 02 April 2014 18:05 WIB

Bisnis.com, JAKARTA--Meski sudah digagas sejak 2013, beasiswa presiden baru diluncurkan saat kampanye dan mendekati Pemilu 2014.

Tak pelak realisasi program Beasiswa Presiden Republik Indonesia, pada saat perang tarik massa jelang pemilu itu, menuai banyak kritikan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh pun berupaya menepis anggapan sinis tersebut tetapi cuma bisa memberikan jawaban formalitas

"Saya jawab, untuk urusan kebijakan tidak ada terlambat. Ketika kiamat esok hari, kita punya benih yang baik maka tanamlah benih itu. Masa kampanye, bukan masa yang steril dalam kebaikan, dalam masa kampanye tidak apa-apa selama tidak disalahgunakan," katanya saat peluncuran beasiswa presiden di Jakarta, Rabu (2/4/2014).

Menurut dia, seperti dikutip Antara, beasiswa presiden tersebut akan membuka peluang bagi 100 putra-puteri terbaik yang akan meneruskan jenjang S2 ataupun S3 di 50 universitas terbaik dunia.

Program Beasiswa Presiden Republik Indonesia merupakan upaya untuk meningkatkan mutu SDM Indonesia terutama dalam rangka menambah jumlah master dan doktor di Indonesia, menyongsong momentum 100 tahun kemerdekaan Indonesia (2045).

Program tersebut juga bertujuan menyiapkan pemimpin pada masa mendatang terutama menyongsong 2045.

Indonesia pada 2045 diproyeksikan menjadi satu dari tujuh kekuatan ekonomi dunia. Saat ini, Indonesia juga diberkahi dengan keuntungan demokrafi (pertumbuhan sumber daya manusia terutama usia muda).

Untuk itulah menurut dia, pemerintah terus meningkatkan kulitas sumber daya manusia.

"2030 merupakan puncak panen penduduk usia kerja Indonesia sehingga menjadi momentum yang tepat untuk mengoptimalkan akses dan kualitas pendidikan mulai dari PAUD sampai perguruan tinggi," tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pemilu 2014

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top