CAPRES: LSI Sebut Hidung 'Pinokio' Ganggu Citra Jokowi

Kemudian karikatur Jokowi sebagai pinokio yang hidungnya bertambah panjang karena berbohong lumayan mengganggu citra Jokowi.
Akhirul Anwar
Akhirul Anwar - Bisnis.com 02 April 2014  |  17:52 WIB
CAPRES: LSI Sebut Hidung 'Pinokio' Ganggu Citra Jokowi
Jokowi seusai deklarasi sebagai Capres dari PDIP - JIBI

Bisnis.com, JAKARTA - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menyatakan pencapresan Joko Widodo belum mampu mendongkrak elektabilitas PDI Perjuangan karena masih di bawah golkar.

Survei yang dilaksanakan pada 22-26 Maret 2014 dengan 1.200 responden dengan metode wawancara menunjukkan dukungan Golkar 21,9%, PDIP 21,1%, Gerindra 11,1%, Demokrat 7,6%, PKB 5,9%, PKS 5,2%, Hanura 4,5%, Nasdem 4,3%, PPP 3,4%, PAN 3,0%, PBB 0,9% dan PKPI 0,5% dan yang belum memutuskan 10,6%.

"Dari survei ini belum terlihat efek besar dari pencapresan Jokowi terhadap elektabilitas PDIP. Padahal ekspektasi terhadap pencapresan Jokowi adalah mendongkrak suara partai," kata Peneliti LSI Adjie Alfaraby dalam jumpa pers di kantor LSI Jakarta, Rabu (2/4/2014).

Menurutnya, meski Jokowi adalah primadona  sebagai capres, namun elektabilitasnya belum dikonversi ke dalam elektabilitas partai. LSI menilai ada dua faktor yang menyebabkan Jokowi belum terlihat sebagai pendongkrak dukungan partai.

Pertama, asosiasi antar figur Jokowi dengan PDIP belum terlalu kuat. Jika mengaca pada pengalaman Pemilu 2009 partai Demokrat sangat kuat terasosiasi dengan figur SBY. Saat ini asosiasi antara PDIP dan Jokowi belum terlalu kuat.

Selain karena ada figur sentral lain di PDIP yakni Megawati Soekarnoputri, PDIP adalah partai ideologis yang punya segmentasi pemilih berbeda. "Pemilih bisa saja mendukung Jokowi sebagai capres namun belum tentu mendukung PDIP sebagai partai pilihan dalam Pileg 2014," ujar Adjie.

Kedua, isu negatif soal perjanjian Batu Tulis, komitmen Jokowi selama 5 tahun menjadi Gubernur, kasus korupsi bus Transjakarta dan kebijakan yang dianggap tidak nasionalis pada era presiden Megawati.

Kemudian karikatur Jokowi sebagai pinokio yang hidungnya bertambah panjang karena berbohong lumayan mengganggu citra Jokowi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pemilu 2014, jokowi capres 2014

Editor : Ismail Fahmi

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top