Survei Roy Morgan: PDI-P Dapat Suara Terbanyak 37%

Survei Roy Morgan Research pada bulan Maret menyatakan PDIP mempunyai kans paling besar untuk memenangkan pemilu legislatif pada 9 April 2014 hingga 37% setelah Joko Widodo resmi diumumkan sebagai calon presiden dari PDIP.
Akhirul Anwar | 02 April 2014 12:09 WIB
Megawati Soekarnoputri saat kampanye PDIP - bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Survei Roy Morgan Research pada bulan Maret menyatakan PDIP mempunyai kans paling besar untuk memenangkan pemilu legislatif pada 9 April 2014 hingga 37% setelah Joko Widodo resmi diumumkan sebagai calon presiden dari PDIP.

Peneliti Roy Morgan Research Ira Soekirman mengatakan setelah PDIP mendeklarasikan kandidat capres Jokowi elektabilitasnya langsung meroket dibanding sebelum pengumuman.

Elektabilitas sebelum pengumuman capres Jokowi, PDIP menurun dua poin dari Februari ke 27%, kemudian sesudah pengumuman melonjak 10 poin ke 37%. Peningkatan tersebut menarik suara dari partai-partai lain yang mengalami penurunan setelah pencapresan Jokowi.

"PDIP jauh lebih unggul dari Golkar 17% [turun 5% dari awal Maret]  Gerindra 14% [turun 3%], dan partai Demokrat 10% [turun 1%]," katanya dalam pemaparan hasil survei di Jakarta, Rabu (2/4/2014).

Survei yang dilaksanakan Roy Morgan Research ini diadakan pada bulan Maret dengan sampel 2.300 orang calon pemilih sebelum pengumuman Jokowi dan 1965 orang setelah pengumuman pencapresan Jokowi.

Dukungan untuk partai lain terbagi diantaranya Hanura 6%, PKS 4%, PAN 4%, Nasdem 3%, PKB 3%, PPP 2%. Sedangkan yang belum dapat menyatakan pilihannya mencapai 10% yang kemungkinan masih bisa lari ke semua partai.

Tag : pemilu 2014, pdi-p
Editor : Fatkhul-nonaktif

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top