PILEG: KPK Yogyakarta Buka Layanan Pengaduan Caleg

Koalisi Pemilih Kritis Yogyakarta membuka pusat informasi pengaduan terkait rekam jejak para calon legislatif mulai dari DRPD kabupaten/kota, DPRD provinsi, DPR dan DPD.
MG Noviarizal Fernandez | 02 April 2014 11:11 WIB
Logo Pemilu 2014

Bisnis.com, JAKARTA- Koalisi Pemilih Kritis Yogyakarta membuka pusat informasi pengaduan terkait rekam jejak para calon legislatif mulai dari DRPD kabupaten/kota, DPRD provinsi, DPR dan DPD.

Salah satu koordinator Koalisis Pemilih Kritis (KPK) Yogyakarta, Tri Wahyu mengatakan pusat informasi pengaduan itu bisa disampaikan oleh masyarakat melalui sms center 081326914030 atau melalui email masadink@yahoo.co.id dan sj_icm@yahoo.com.

Nama pelapor kami rahasiakan jadi tidak perlu ragu memberikan informasi kritis tentang caleg,” katanya, Rabu (2/4/2014). Dia melanjutkan layanan informasi pengaduan itu dibuka hingga Rabu malam pukul 23.59.

Menurut Tri Wahyu, pemilih kritis adalah pemilih yang tidak menentukan pilihannya karena faktor emosional, faktor primordial dan faktor pragmatis (terpaan money politic).

KPK, lanjutnya,  mendukung dan mengajak publik untuk menjadi pemilih yang kritis: rasional, memilih Caleg yang memiliki rekam jejak profil bersih. Kami meyakini bahwa dengan terbentuknya komunitas pemilih yang kritis maka Pemilu legislatif 2014 makin berkualitas, baik dari sisi penyelenggaraan, partisipasi maupun dari segi hasil.

Koalisi ini dideklarasikan di Yogyakarta, 18 Maret 2014 sebagai bagian dari aksi publik untuk perwujudan demokrasi substantif, bukan sekedar prosedural. Koalisi terdiri dari Indonesia Court Monitoring (ICM), Rumah Perubahan Lembaga Penyiaran Publik, Walhi Yogyakarta, LBH Yogyakarta, Forum LSM DIY, Rifka Annisa, SIGAP, IDEA dan IRE, Satunama.

Selain itu, PUKAT Korupsi UGM, PUSHAM UII, Masyarakat Transparansi Bantul, LBH Pers, AJI Yogyakarta, LSKP, Koalisi Perempuan Indonesia DIY, LABH, NARASITA, Masyarakat Peduli Media, Pemantau Regulasi dan Regulator Media (PR2MEDIA)

 

 

Tag : caleg
Editor : Ismail Fahmi

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top