Korporasi Jepang Prediksi Inflasi 1,5% Tahun Ini

Sejumlah perusahaan memprediksi laju inflasi Jepang meningkat hingga rata-rata 1,5% sepanjang tahun ini, mengindikasikan tidak tercapainya target inflasi Bank of Japan (BoJ) yaitu 2% pada April 2015.
Amanda Kusumawardhani | 02 April 2014 20:08 WIB
Bank Sentral Jepang - bizdaily.com.sg

Bisnis.com, TOKYO— Sejumlah perusahaan memprediksi laju inflasi Jepang meningkat hingga rata-rata 1,5% sepanjang tahun ini, mengindikasikan tidak tercapainya target inflasi Bank of Japan (BoJ) yaitu 2% pada April 2015.

Survei tankan BoJ juga menyebutkan inflasi akan meningkat 1,7% pada 3 tahun mendatang dari tahun ini dan 5 tahun ke depan dari tahun ini. Survei BoJ tersebut mulai dilakukan dari 24 Februari hingga 31 Maret 2014.

Proyeksi BoJ itu mengikuti temuan tankan sebelumnya yang mengemukakan sentimen bisnis Jepang belum pulih pada kuartal I/2014.    

Bank sentral Jepang masih mempertahankan kebijakan moneter yang stabil menyusul komitmennya untuk mengucurkan stimulus pada April tahun lalu.

Tidak hanya itu, BoJ juga akan menggandakan basis uang tunai melalui pembelian aset yang agresif guna meraih target inflasi 2% hingga 2 tahun ke depan.

“Hasil survei itu cukup menyakitkan bagi BoJ, bahkan jauh dari target inflasi,” kata Shuji Tonouchi, analis Pendapatan Tetap Mitsubishi UFJ Morgan Stanley Securities di Tokyo, Rabu (2/4).

Dirinya menambahkan bank sentral kemungkinan bersikap fleksibel dalam meraih taget inflasi 2% sehingga BoJ diperkirakan melanjutkan pelonggaran moneter pada paruh kedua tahun ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ekonomi jepang

Sumber : Bloomberg/Reuters
Editor : Fatkhul Maskur

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top