Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pendudukan Crimea: Presiden Terguling Desak Seluruh Ukraina Lakukan Referendum

Berhasil dengan Crimea, Rusia walau tidak secara langsung tampaknya sedang menggalang opini agar semua wilayah di Ukraina menentukan nasibnya sendiri melalui referendum.
Viktor Yanukovych/Reuters
Viktor Yanukovych/Reuters

Bisnis.com, MOSKOW -- Berhasil dengan Crimea, Rusia walau tidak secara langsung tampaknya sedang menggalang opini agar semua wilayah di Ukraina menentukan nasibnya sendiri melalui referendum.

Presiden terguling Ukraina Viktor Yanukovich, yang dikenal pro-Rusia, Jumat (28/3/2014) menyerukan agar setiap wilayah di negara itu menggelar referendum atas statusnya di Ukraina, bukannya menggelar pemilihan presiden pada 25 Mei, demikian dilaporkan kantor berita Rusia Itar-Tass.

"Sebagai seorang presiden yang selalu bersama Anda dengan segenap pikiran dan jiwa, saya mendesak semua warga negara Ukraina yang bijak: Jangan menyerah pada penipu! Mintalah referendum atas status setiap wilayah dalam Ukraina," kata Yanukovich yang melarikan diri ke Rusia bulan lalu dalam pidatonya kepada warga Ukraina.

Komentar yang dibuat setelah Moskow mencaplok Crimea menyusul referendum dengan hasil penyatuan ke Rusia itu, menggaungkan seruan Rusia bagi pemimpin baru Kiev untuk melakukan reformasi konstitusional yang akan memberi wewenang lebih luas kepada setiap wilayah di negeri itu.

"Hanya referendum untuk semua Ukraina, bukan pemilihan presiden, yang bisa secara berarti menstabilkan situasi politik dan mempertahankan kedaulatan integritas wilayah Ukraina," katanya.

Ukraina masih terbelah tajam dengan protes-protes yang mengarah pada penggulingan Yanukovich dan banyak wilayah di timur Ukraina yang berbahasa Rusia bersikap skeptis terhadap kebijakan pemerintahan baru di Kiev.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Saeno
Sumber : Antara/Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper