Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sigma Serukan Parpol Buka Daftar Caleg Terlibat Korupsi

Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (Sigma) menyerukan partai politik peserta Pemilu 2014 agar membuka daftar nama calon anggota DPR/DPRD yang pernah terlibat korupsi.
Muhamad Hilman
Muhamad Hilman - Bisnis.com 27 Maret 2014  |  21:40 WIB

Bisnis.com, JAKARTA--Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (Sigma) menyerukan partai politik peserta Pemilu 2014 agar membuka daftar nama calon anggota DPR/DPRD yang pernah terlibat korupsi.

Direktur Sigma Said Salahuddin mengatakan, cara tersebut diharapkan akan menghasilkan anggota legislatif 2014-2019 yang berintegritas dan berkualitas.

"Hargailah hak pemilih untuk mendapatkan informasi yang sebenarnya tentang latar belakang dan rekam jejak para calon," ujarnya, Kamis (27/3/2014).

Menurutnya, partai politik pemiliki kader yang pernah atau sedang terjerat kasus korupsi semestinya juga menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat.

Fakta tak terbantahkan, kata Said, seluruh partai politik yang pernah menjadi peserta pemilu sebelumnya pernah melakukan kesalahan mengusung calon anggota DPR atau DPRD yang yang akhirnya melakukan korupsi.

"Permohonan maaf ini mutlak disampaikan kepada pemilih sebagai ungkapan rasa bersalah dan menunjukan adanya penyesalan dari parpol atas perilaku korup kadernya yang pernah mengkhianati pemilih," ucapnya.

Selain itu, sambungnya, partai politik juga harus menjamin seluruh calon anggota DPR atau DPRD yang ditawarkan kepada pemilih pada Pemilu 2014 tidak akan melakukan atau mengulangi praktik korupsi jika kelak terpilih menjadi anggota dewan.

Menurutnya, jaminan tersebut mutlak diberikan sebagai bentuk pertanggungjawaban dan kesanggupan parpol untuk mengontrol kadernya yang kelak duduk di lembaga legislatif.

"Kini bukan lagi eranya parpol menutup-nutupi informasi kepada pemilih. Berani jujur itu hebat," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

parpol caleg
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top