Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Video Plesiran ARB ke Maladewa Sebaiknya Diklarifikasi

Video plesiran Ketua Umum Golkar Aburizal Bakrie bersama dua artis dan anggota DPR ke Maladewa dinilai perlu diklarifikasi agar tidak terlalu mempengaruhi elektabilitasnya sebagai bakal capres.
Rustam Agus
Rustam Agus - Bisnis.com 22 Maret 2014  |  12:00 WIB

Bisnis.com, JAKARTA--Video plesiran Ketua Umum Golkar Aburizal Bakrie bersama dua artis dan anggota DPR ke Maladewa dinilai perlu diklarifikasi agar tidak terlalu mempengaruhi elektabilitasnya sebagai bakal capres.

"Yang perlu diantisipasi jangan sampai tayangan tersebut terus menerus menjadi rerasan publik," kata pengamat politik Sugeng Sarjadi Syndicate, Ridho Imawan Hanafi seperti dikutip Antara, Sabtu (22/3/2014).

Bila hal itu tidak diantisipasi, akan terus menggelinding di masyarakat dan bukan tidak mungkin akan berpengaruh pada elektabilitasnya.

Dia menilai tokoh-tokoh yang ada di tayangan tersebut sudah seharusnya menjelaskan kepada publik mengenai rincian informasi video tersebut.

"Kerincian informasi yang nantinya disampaikan akan membantu mengurangi prasangka tanya publik," ujarnya.

Menurut Ridho, ketika para tokoh dalam video itu hanya menjawab sebagian dari informasi yang ingin diketahui publik, pengaruhnya terkait dengan penggambaran sang tokoh.

Dia menyarankan sudah seharusnya para tokoh mengantisipasi dengan komunikasi yang baik kepada masyarakat agar tidak menggerus citra positif yang sudah dibangun selama ini.

"Karena itu, sudah semestinya mereka mengantisipasi dengan komunikasi yang baik agar tidak terlalu jauh menggerus citra positif maupun wibawa Pak Aburizal yang saat ini menjadi capres," katanya.

Selain itu dia menilai tayangan tersebut secara tidak langsung telah menimbulkan perbincangan di publik yang nada atau 'tone cenderung negatif, terutama menyangkut tokoh-tokoh utama yang ada di dalamnya.

Menurut Ridho, saat ini adalah momentum kampanye dan publik tentu cukup terkejut dengan munculnya tayangan tersebut.

"Meskipun ada kesan hal itu bisa semacam kampanye hitam, namun publik tidak mengerucutnya ke arah itu," ujarnya.

Dia menilai publik justru cenderung akan mempertanyakan mengapa ARB berada dalam tayangan tersebut.

Hal itu menurut Ridho bisa menimbulkan berbagai penilaian yang arahnya mempertanyakan jati diri sang tokoh yang saat ini menjadi bakal capres.

Sebelumnya di media Youtube beredar video yang menggambarkan Aburizal Bakrie, Wakil Ketua Komisi III Aziz Syamsuddin, Marcelia Zalianti, dan Olivia Zalianti berplesiran ke Maladewa dengan menggunakan sebuah pesawat.

Aziz Syamsuddin menilai video tersebut sebagai bentuk kampanye hitam karena diedarkan menjelang Pemilu 2014.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

aburizal bakrie arb
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top