Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

1.500 Anak Indonesia Butuh Donor Kornea Mata

Guna menyosialisasikan Gerakan Donor Kornea Mata di Indonesia, Perkumpulan Penyantun Mata Tunanetra Indonesia (PPMTI)/Bank Mata Indonesia (BMI) menggandeng Lions Club DKI dan PGJ Jakarta menggelar acara Jalan Santai Sosialisasi Donor Mata pada Minggu (9/3) di sekitar Monas dan Jalan Thamrin mulai pukul 06.00 WIB.
Ilustrasi Keceriaan Anak-Anak/Jibi
Ilustrasi Keceriaan Anak-Anak/Jibi

Bisnis.com, JAKARTA - Guna menyosialisasikan Gerakan Donor Kornea Mata di Indonesia, Perkumpulan Penyantun Mata Tunanetra Indonesia (PPMTI)/Bank Mata Indonesia (BMI) menggandeng Lions Club DKI dan PGJ Jakarta menggelar acara Jalan Santai Sosialisasi Donor Mata pada Minggu (9/3) di sekitar Monas dan Jalan Thamrin mulai pukul 06.00 WIB.

Acara ini akan dibuka oleh Presiden ke-3 BJ Habibie selaku Pembina PPMTI-Bank Mata Indonesia dan akan dihadiri sejumlah menteri dan Gubernur DKI Joko Widodo. Acara juga akan dihadiri artis Zaskai Sungkar dan Irwansyah.

“Di Indonesia donor mata masih kurang popular karena kurang sosialisasi. Masyarakat Indonesia umumnya menganggap mendonorkan organ tubuh, khususnya kornea bertentangan dengan agama,” ujar Mark Sungkar, Kepala Komunikasi PPMTI-Bank Mata Indonesia, dalam keterangan resmi, Sabtu (8/3).

Dia menjelaskan sekitar 1.500 anak dan remaja di Indonesia saat ini menderita kebutaan dengan kategori ‘masih ada kesempatan untuk dapat melihat kembali melalui operasi transplantasi kornea mata’.

Namun, mereka belum mendapatkan kepastian dari pendonor kornea mata yang sebenarnya sangat dibutuhkan. Di Indonesia masih sulit mendapatkan kornea mata dari pendonor, karena kurangnya kesadaran masyarakat.

Oleh karena itu, sambungnya, sosialisasi berkesinambungan mengenai donor organ, khususnya kornea tidak bertentangan dengan agama.  “Pesan yang perlu disampaikan antara lain Organ Anda Masih Menghasilkan Pahala, Walaupun Anda Sudah Tiada,” jelasnya.

Charles Saerang, Ketua Dewan Gubernur Lions Club Indonesia 307, menjelaskan Lions Club mendukung kegiatan ini karena langsung berhubungan dengan kemanusiaan.

“Kami mendukung kegiatan ini sekaligus menerima kepercayaan dari PPMI-Bank Mata Indonesia. Apalagi, yayasan ini didukung penuh oleh BJ Habibie,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper