Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kesejahteran Rumah Tangga AS Terkerek Naik

Peningkatan kesejahteraan rumah tangga itu sekaligus mengindikasikan kondisi finansial warga Amerika Serikat mengalami penguatan.nn
Ilustrasi/Reuters
Ilustrasi/Reuters

Bisnis.com, WASHINGTON—Kesejahteraan rumah tangga di Amerika Serikat meningkat pada kuartal terakhir tahun lalu seiring dengan naiknya stok portofolio dan harga rumah.

Peningkatan kesejahteraan rumah tangga itu sekaligus mengindikasikan kondisi  finansial warga Amerika Serikat mengalami penguatan.

Keuntungan bersih dari rumah tangga dan kelompok non profit tumbuh US$2,95 triliun pada kuartal IV/2013 atau 3,8% dari kuartal sebelumnya.

The Fed mengumumkan keuntungan rumah tangga pada kuartal terakhir tahun lalu mencapai US$80,7 triliun.

Lebih banyak pekerjaan, tingginya harga saham, dan pulihnya nilai rumah telah membantu konsumen membersihkan neraca keuangan sejak resesi di era Depresi.

Pemulihan di pasar tenaga kerja dan kesejahteraan rumah tangga akan menggenjot konsumsi domestik sehingga ekonomi akan terkerek naik.

“Peningkatan kesejahteraan bersifat kumulatif dan memiliki efek positif untuk menggenjot konsumsi sekaligus indikasi bahwa pemulihan ekonomi tengah berlangsung,”kata Sam Coffin, ekonom UBS Securities LLC di Stamfort, Connecticut, Jumat (7/3/2014).

Nilai aset finansial, termasuk saham dan dana pensiun rumah tangga Amerika Serikat terakselerasi US$2,52 triliun pada kuartal terakhir tahun lalu.

Selain itu, indeks Standard & Poor’s 500 menguat 9,9% dari 30 September 2013, menembus rekor terbaik sejak 1997.

Data The Fed menunjukkan aset rumah tangga real estate menanjak US$401,1 miliar.

Ekuitas pemilik sebagai bagian dari kepemilikan total rumah tangga real estate juga tumbuh menjadi 51,7% kuartal IV/2013 dari 50,6% kuartal III/2013.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper